Iklan

Iklan

,

Iklan

Bazis Kecamatan Ambarawa Tasyarufkan Zakat Rp 72.250.000

Redaksi
Kamis, 30 Juni 2016, 18:09 WIB Last Updated 2016-06-30T11:09:33Z
Camat Ambarawa Haris Pranowo secara simbolis menyerahkan pentasyarufan ZIS Ramadhan 1437 H kepada petugas pentasyarufan.
AMBARAWA- BAZIS Kecamatan Ambarawa kembali mentasyarufkan dana zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) bertempat di Pendopo Kecamatan Ambarawa, Kamis (30/6). Ketua BAZIS Kecamatan Ambarawa H. Sunarto mengatakan Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan. Pentasyarufan tersebut hasil pengumpulan dana zis dan ditambah hasil pengumpulan program Kupon Infaq Ramadhan 1437 Hijriyah sebesar Rp 72,250.000,- . Dana zis tersebut  ditasyarufkan kepada 520 mustahik, meliputi bantuan untuk dhuafa, biaya pendidikan siswa TK/BA/RA, guru wiyata TK/BA/RA, guru wiyata SD, siswa SD/MI, guru wiyata SD/MI, guru wiyata SMP/ MTs serta SMK, guru ngaji, wiyata di lingkungan Yon Kav 2/Tank Ambarawa, mualaf serta panti asuhan.”Setiap orang menerima Rp 150.000. Adapun untuk siswa TK/BA/RA, SD/MI dan SMP/MTs masing- masing Rp 100.000.
“Kami haturkan banyak terimakasih kepada pegawai dinas instansi di Kecamatan Ambarawa, Lembaga Vertikal, BUMN/ BUMD serta warga masyarakat yang telah ikut berpartisipasi untuk menunaikan zakat, infaq maupun shadaqahnya melalui Bazis Kecamatan Ambarawa,” ungkap Sunarto. Proses praktek dan kesadaran berzakat yang ideal di masyarakat masih membutuhkan langkah panjang dan banyak tahapan. “Salah satu yang bisa kita usahakan ialah dengan memperluas sosialisasi tentang zakat, menyadarkan urgensi dan fungsi zakat yang begitu mulia untuk kebahagian dunia dan akhirat,” lanjut Sunarto.
Camat Ambarawa Haris Pranowo dalam sambutannya mengatakan jika pihaknya mendukung penuh kegiatan Bazis selama ini.  Transparasi pengelolaan  juga dapat mendorong peningkatan penerimaan dana ZIS, karena dengan itu masyarakat bisa semakin percaya kinerja Bazis. “Semakin tinggi tingkat kepercayaan masyarakat menjadi indikator kinerja Bazis menjadi semakin baik, dengan begitu mengumpulkan dana ZIS dari masyarakat bisa makin mudah,” ujarnya. Haris berharap agar Bazis bisa semakin berkembang untuk membantu program pemerintah diantaranya ikut mengatasi masalah kemiskinan, pendidikan serta kesehatan.
Acara tersebut dihadiri Kabag Pengumpulan Bazis H. Arif Sunandar, Muspika Ambarawa, Kepala UPTD/Instansi seKecamatan Ambarawa, Kades/Lurah, Kepala SMP/MTs/SMA/SMK, Pengurus Bazis Kecamatan Ambarawa, para muzakki dan mustahiq.
Pada hari yang sama bertempat di Ruang Serba Guna RSUD Ambarawa juga diberikan 30 paket sembako dari Bazis Kabupaten Semarang yang disalurkan melalui Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) ODHA Kabupaten Semarang.(Imam Ikhsan/red)

Iklan