Iklan

Iklan

,

Iklan

Group Reog “Krido Turonggo Sari” Noborejo, Raih Juara Pertama Festival Reog Salatiga

Redaksi
Selasa, 19 April 2016, 17:17 WIB Last Updated 2016-04-19T10:24:27Z

ilustrasi
SALATIGA, harian7.com – Belasan kelompok kesenian reog mengikuti Festival Reog Kota Salatiga 2016, di komplek Joglo Kembar, Salatiga, kemarin. Festival ini dihadiri pula anggota DPR RI asal Kota Salatiga, Drs H Fadholi.
Ketua Dewan Kesenian Salatiga (DKS), Djiznozero45 mengatakan, bahwa dalam festival ini diikuti 11 grup reog di Salatiga. Para pemenang mendapatkan trophy, uang pembinaan, piagam penghargaan serta masing-masing kelompok/group reog mendapatkan kontribusi uang untuk proses latihan dan transportasi.
Sementara, Walikota Salatiga Yuliyanto mengatakan, bahwa group kesenian khususnya Reog senantiasa menjaga apresiasi seni yang ditekuni serta terpenting dapat mewujudkan kebersamaan. Ajang festival ini, dapat dijadikan sebagai media peningkatan apresiasi seni yang ditekuni. Selain itu, juga sebagai media kebersamaan antar seniman dalam menjaga tali silaturahmi.
“Harapan saya, para seniman reog senantiasa menjaga apresiasi seni yang ditekuninya ini. Ini merupakan ajang silaturahmi antar seniman reog serta demi memupuk tali kebersamaan,” tandas Yuliyanto.
Sedangkan, anggota DPR RI, Drs H Fadholi menyatakan, bahwa hal yang penting dalam berkesenian, diantaranya berisi kerukunan dan kreativitas yang sehat. Festival ini sebagai media menakar diri dalam apresiasi seni.
“Festival seperti ini perlu diadakan secara rutin, sebagai media latihan dan mengukur tingkat apresiasi masing-masing grup reog. Terpenting, selalu merasa bangga dalam berkesenian, karena berkesenian sebuah talenta yang tidak dimiliki semua orang,” tandas politisi Partai Nasdem.
Hasil akhir festival reog ini, memunculkan pemenang masing-masing Juara I diraih Group Reog “Krido Turonggo Sari” (Purwosari, Noborejo, Argomulyo), Juara II Turonggo Mudho Budhoyo (Kenteng, Tegalrejo, Argomulyo), Juara III Lestari Budi Tamtomo (Tegalrejo, Argomulyo). Lalu, juara harapan I Kridho Budoyo (Warak, Dukuh, Sidomukti) dan harapan II Krido Laras Mudo (Klaseman, Mangunsari, Sidomukti). (SAN/M.NUR)

Iklan