Iklan

Iklan

,

Iklan

Di Salatiga, Jumlah Penderita Tuberkolusis Menurun

Redaksi
Jumat, 22 April 2016, 13:52 WIB Last Updated 2016-04-22T06:52:02Z
Kepala DKK Dokter Sovie saat serahkan hadiah pemenang lomba.
SALATIGA, harian7.com - Jumlah penderita Tuberklusis (TB) di Kota Salatiga menurun, tahun 2015 jumlah kasus positif TB ada 226 orang penderita, dan pada tahun sebelumnya sebanyak 266 kasus positif TB. Sedangkan untuk angka kesembuhan penderita mencapai 81,3% dari yang ditargetkan sebanyak 90%. Bahkan, dengan adanya Rumah Sakit Paru 'Ario Wirawan' (RSPAW) di Salatiga, kasus-kasus TB dapat ditemukan dan rumah sakit tersebut menjadi rujukan dari berbagai daerah di Jateng ini. Demikian diungkapkan Kasi Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Dokter Tasfiyah Sri Prihati kepada wartawan, disela-sela peringatan Hari TB Kota Salatiga di halaman Pemkot Salatiga, Jumat (22/04).
“Gejala penyakit TB itu meliputi batuk berdahak lebih dari dua minggu, mengalami sesak nafas, berat badan menurun serta keringat pada malam hari tanpa melakukan aktivitas. Jika mendapati gejala
seperti itu, segera berobat ke puskesmas terdekat,” terang Dokter Tasfiyah Sri Prihati.
Ditambahkan, pengobatan TB ini merupakan program dari pemerintah pusat dan gratis. Dalam menggelar peringatan TB Kota Salatiga ini diikuti tidak kurang ada 400 orang dari berbagai unsur. Peringatan TB ditandai dengan apel luar biasa yang dipimpin Sekda Kota Salatiga, Drs Agus Rudianto MM.
“Kepada semua komponen masayrakat untuk mengalokasikan sumber daya demi menanggulangi TB. Sehingga target Indonesia Bebas TB tahun 2050 dapat dicapai. Ada beberapa langkah yang diambil pemerintah, diantaranya meluncurkan Gerakan Temukan TB Obati Sampai Sembuh (TOSS TB), penanggulangan dengan pendekatan
kesehatan keluarga, alokasi dana untuk penanggulangan TB dan juga
memperluas kemitraan agar cakupan penemuan dan pengobatan makin
tinggi,” jelas Agus Rudianto.
Dalam apel bersama itu, juga diserahkan hadiah kepada pemenang lomba kesehatan reporduksi remaja (KRR) tingkat SMA/SMK. Sebagai Juara I diraih SMA N 2 Salatiga, Juara II (SMA Kristen 1 Salatiga), Juara III (SMK N 1 Salatiga). Lalu, untuk Juara Harapan I (SMA N 1 Salatiga), Juara Harapan II (SMK PGRI 2 Salatiga) dan Juara Harapan III (SMK N 3 Salatiga) serta terpilih sebagai Juara Favorit adalah SMA Kristen 2. (SAN/M.NUR)

Iklan