Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkot Salatiga Seleksi Kafilah MTQ Tingkat Provinsi

Redaksi
Selasa, 22 Maret 2016, 22:36 WIB Last Updated 2016-03-22T15:36:32Z
Salah satu peserta mengikuti seleksi panitia.
SALATIGA, harian7.com – Pemkot Salatiga menggelar seleksi persiapan kafilah Musyabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Pelajar, Musyabaqoh Hifdzil Al-Qur'an (MHQ) dan seleksi Tilawatil Al-Qur'an (STQ) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Seleksi INI DALAM RANGKA MTQ tingkat Kota Salatiga, di SMP Negeri 5, Selasa (22/3). Acara ini  dibuka langsung Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris.
Ketua Panitia, Joko Haryono mengatakan, bahwa tujuan lain dari lomba dan seleksi ini, untuk meningkatkan rasa cinta Al-Qur'an bagi masyarakat, khususnya di kalangan pelajar. Selain itu, untuk mempererat jalinan silaturrahmi antar pelajar, antar santri pondok pesantren, serta menyiapkan kafilah Salatiga di ajang MTQ, MHQ dan STQ di tingkat Jateng.
“Acara ini diikuti sebanyak 278 siswa dan santri Kota Salatiga. Mereka akan berlomba diajang MTQ, MHQ maupun STQ,” terang Joko Haryono, yang juga Kabag Kesra Pemkot Salatiga.
Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris SS MSi mengatakan, pihaknya meminta agar budaya baca Al-Qur'an ini ditularkan melalui kegitan MTQ. Melalui gemar membaca maka akan dapat mencintai Al-Qur'an.
“Saya ucapkan selamat bermusabaqoh (berlomba), semoga Kota Salatiga juga menjadi Kota yang thoyyibatun war robun ghofur. Artinya luasnya adalah kota yang sejahtera dan penuh ampunan Allah,” terang H Muh Haris.
Cabang yang dilombakan dalam MTQ kali ini antara lain, cabang Tartil dan Tilawatil Al-Qur'an (SD/MI putra-putri, SMP/MTs putra-putri, dan SMA/SMK/MA putra-putri). Cabang Hifdzil Al-Qur'an dibagi dalam golongan 1 juz dan tilawah tingkat SMP/MTs putra-putri, golongan 5 juz tingkat SMA/SMK/MA/Pondok pesantren putra-putri, dan golongan 10 juz putra-putri, serta golongan 20 juz putra-putri. (SAN/M.NUR)

Iklan