Iklan

Iklan

,

Iklan

LIMA PERUSAHAAN DI KABUPATEN SEMARANG TERIMA PENGHARGAAN PEDULI AIR

Redaksi
Rabu, 23 Maret 2016, 01:24 WIB Last Updated 2016-03-22T20:05:39Z
Sekda Gunawan Wibisono (kiri) menyerahkan penghargaan kepada salah satu perwakilan perusahaan peduli air dalam rangka Peringatan Hari Air (World Water Day) tingkat Kabupaten Semarang di Bawen.
BAWEN,Harian7.com - Pemerintah Kabupaten Semarang memberikan penghargaan kepada lima perusahaan yang dinilai memiliki kepedulian terhadap pengelolaan dan pemanfaatan air. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Gunawan Wibisono mewakili Bupati Semarang kepada perwakilan perusahaan pada acara Peringatan Hari Air (world water day) tingkat Kabupaten Semarang di aula pabrik PT Coca Cola Amatil Bawen, Selasa (22/3) siang.  Panitia pelaksana Peringatan Hari Air 2016 yang juga Kepala DPU Kabupaten Semarang Totit Oktoriyanto menjelaskan kelima perusahaan itu memenuhi kriteria penilaian yang telah ditetapkan. “Diantara kriteria penilaian adalah peduli pada pelestarian sumber air tanah, hemat saat penggunaan air tanah dalam proses produksi serta taat perizinan penggunaan air tanah,” terangnya. Kelima perusahaan yang menerima penghargaan peduli air tanah itu adalah PT Coca Cola Amatil (CCA) Indonesia Jawa Tengah di Bawen, PT Apac Inti Corpora (AIC) Bawen, PT Sido Muncul Bergas, PT Bina Guna Kimia dan CV Jati Kencana.
Beberapa kegiatan inovatif pelestarian sumber daya air yang dilakukan antara lain penyediaan lahan terbuka hijau seluas 276.955 meter persegi oleh manajemen PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul Tbk. Selain itu juga dibuat 18 sumur resapan dan penghijauan di lingkungan pabrik serta membantu penyediaan air bersih bagi warga sekitar pabrik PT Sido Muncul. CV Jati Kencana melakukan penghijauan dan reklamasi berupa penanaman pohon tanaman keras seluas kurang lebih lima hektar. PT Bina Guna Kimia membuat tujuh sumur resapan dan lubang biopori sebagai upaya konservasi air tanah. Kegiatan PT AIC berupa pemanfaatan air hujan untuk air baku proses produksi serta memanfaatkan sumber air permukaan untuk mengganti sebagian pemanfaatan air tanah.
Sedangkan PT CCA Indonesia Jawa Tengah di Bawen melalukan blending antara air permukaan, air bersih dan air hujan sesuai kebutuhan dalam proses produksi. Kiat lainnya adalah menyediakan sumur pantau, biopori dan penghijauan di lingkungan sekitar lokasi pabrik. Sekretaris Daerah Gunawan Wibisono saat membacakan sambutan tertulis Bupati Semarang mengajak seluruh warga untuk berperan aktif melestarikan sumber daya air terutama air tanah. Sebab meski sebagian besar wilayah bumi ini dilingkupi air, namun air tawar yang menjadi kebutuhan hidup manusia jumlahnya sangat terbatas dan semakin berkurang. “Prosentase air tanah yang ada hanya sekitar tiga persen saja dari keseluruhan air yang ada di bumi. Karenanya, berbagai upaya konservasi untuk melestarikan sumber daya air terutama air tanah harus didukung oleh seluruh warga masyarakat,” katanya. (I.Iksan/Muza)

Iklan