Iklan

Iklan

,

Iklan

Harga Bawang Merah Terus Melambung

Redaksi
Minggu, 28 Februari 2016, 15:05 WIB Last Updated 2016-02-28T08:05:09Z
Salah seorang pedagang bawang merah di Pasar Temanggung.
TEMANGGUNG, harian7.com - Harga bawang merah di pasar tradisional di Temanggung terus mengalami kenaikan harga. Dari harga semula Rp 13.000 per kilogramnya, kini menjadi Rp 20.000 per kilogram (Kg). Kenaikan harga ini lebih disebabkan dengan minimnya pasokan bawang merah dari petani.
Suryati (45) salah seorang pedagang bawang merah di Pasar Temanggung mengaku, jika kenaikan harga ini lebih disebabkan karena para petani mengalami gagal panen. Bahkan, rata-rata petani mengeluh dengan turunnya produksi hingga 30 persen. Ini karena factor cuaca selama musim tanam hingga masa panen.
“Tingginya harga bawang merah ini disebabkan masa panen yang tidak berhasil. Ini karena faktor cuaca yang terjadi selama musim tanam hingga panen kurang mendukung. Hujan yang terus menguyur wilayah Temanggung, menjadikan pertumbuhan bawang merah kurang baik dan berakibat mengurangi produksi,” terang Suryati didampingi Hamidah (53) dan Rastomo (49), pedagang yang lain.
Ditambahkan, selama ini pedagang banyak mendapat pasokan bawang merah dari Desa Kwadungan Gunung, Kwadungan Jurang, Kruwisan, Petarangan, Banaran, Tlogowero, serta beberapa desa dari Kecamatan Bangsari. Namun, tidak jarang juga pedagang menerima pasokan bawang merah dari daerah Malang, Jawa Timur. (Agung/Red)

Editor : Harve Chandra

Iklan