Iklan

Iklan

,

Iklan

Antisipasi Bencana Alam, Polres Salatiga Gelar Apel Kekuatan Pasukan

Redaksi
Senin, 29 Februari 2016, 20:59 WIB Last Updated 2016-03-02T22:39:16Z
Wawali Salatiga, H Muh Haris saat cek pasukan.
SALATIGA, harian7.com – Polres Salatiga menggelar ‘Apel Gelar Kekuatan Pasukan’ dalam rangka mengantisipasi datangnya bencana akibat cuaca ekstrim, di Lapangan Pancasila Salatiga, Senin (29/2). Bertindak sebagai insspektur upacara (Irup) adalah Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris SS MSi.
Turut dalam apel ini, anggota dari Polri, TNI, PMI, Pemadam Kebakaran, Komunitas Jeep, Satpol PP, Linmas, maupun para relawan. Tujuan digelarnya apel, untuk mengecek kesiapsiagaan anggota TNI – Polri, aparat sipil pemerintahan maupun segenap komponen organisasi kemasyarakatan. Selain itu, mengecek perlengkapan yang akan digunakan dalam menghadapi bencana alam (tanggap darurat) khususnya bencana tanah longsor dan banjir.
“Cuaca ekstrim diantaranya hujan deras, berpotensi terjadinya bencana. Sebagai aparat keamanan maupun komponen masyarakat harus mampu bergerak cepat, tepat dan efisien jika sewaktu–waktu muncul bencana alam. Setiap personel disini harus siap memantau perkembangan situasi dan kondisi cuaca, iklim dan perubahan alam yang terjadi. Utamanya, pada wilayah rawan bencana,” terang H Muh Haris dalam sambutannya.
Ditambahkan, perlu ditekankan adanya pendataan daerah rawan longsor dan banjir. Juga sosialisasi kepada penduduk yang tinggal di daerah rawan bencana. Disamping itu, terpenting juga melakukan koordinasi dan sinergitas dengan instansi terkait dalam rangka antisipasi penanggulangan bencana alam. Selain itu, segera laporkan jika terjadi bencana alam khususnya di wilayah Kota Salatiga kepada pimpinan secara berjenjang. (SAN/M.NUR)

Iklan