Iklan

Iklan

,

Iklan

Tebing Longsor, Satu Penambang Tewas

Redaksi
Jumat, 27 November 2015, 04:09 WIB Last Updated 2015-11-26T21:09:57Z
SUKOHARJO - Harian7.com, Tebing pada lokasi penambangan Galian C di Kedungnongko, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo longsor. Bahkan, tiga orang penambang menjadi korbannya tertimpa longsoran serta seorang penambang tewas. Korban tewas adalah Wiji (55) warga Dungwelut, Desa Puron, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Dua lainnya selamat dari maut. Peristiwa itu terjadi Kamis (26/11).
Kepala Desa (Kades) Sanggang, Kecamatan Bulu, Supangat mengatakan, ketiga korban saat itu melakukan penambangan sebuah bukit setinggi 10 meter lebih dengan cara manual. Saat melakukan penambangan itu dengan mendadak tebing longsor dan menimpa ketiga orang tersebut. Wiji tertimpa tanah urug hingga separuh badan lebih dan dua penambang lain yaitu Suroto dan Sarno bisa menyelamatkan diri.
Untuk mengangkat Wiji dari timbunan itu, warga bergotong royong menyingkirkan tanah yang mengurug tubuhnya. Akhirnya tubuh Wiji ditemukan dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Namun, dalam perjalanan, Wiji menghembuskan nafas terakhirnya alias meninggal dunia.
“Dari tiga orang yang tertimbun longsor, satu orang tewas yaitu Wiji. Sedangkan dua orang lagi selamat. Mereka melakukan penambangan secara manual menggunakan cangkul dan alat tradisionil lainnya,” kata Supangat, Kamis (26/11) malam. (Basuki/Red)

Iklan