Iklan

Iklan

,

Iklan

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Dinas Pariwisata Yogyakarta Gelar Pawai Budaya Nusantara

Redaksi
Kamis, 29 Oktober 2015, 18:13 WIB Last Updated 2015-10-29T11:14:18Z
Arak-arak an pawai di sepanjang jalan Malioboro
Yogyakarta - Harian7.com, Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2015, Dinas Pariwisata kota Yogyakata menggelar Pawai Budaya Nusantara yang bertemakan “Aksi Damai Anti Terorisme”. Acara ini diselenggarakan disepanjang  jalan malioboro. Sebelumnya para peserta gelar 'arak-arak an' pawai dari kantor Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta  sekitar pukul 14.00 WIB.

Guna mengantisipasi kemacetan, dari mulai jam 13.00 WIB sampai dengan selesainya acara, jalan Malioboro ditutup untuk para pengendara. Acara  dibuka dengan sambutan  Dr. Ir. Didik Purwadi, M.Ec selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah DIY. Dalam sambutanya beliau menyatakan bahwa “Indonesia terdiri dari keberagaman suku dan budaya yang menjadi aset bangsa, untuk itu keberagaman tersebut harus dilestarikan,"tuturnya.
Selain itu acara ini juga dihadiri oleh para pejabat BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ), serta pejabat DIY lainnya.
Pawai budaya ini tidak hanya menampilkan berbagai kesenian daerah dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Yogyakarta, tetapi juga menampilkan atraksi – atraksi dari kesatuan TNI AU dan prajurit- prajurit keraton. Pada kesempatan kali ini antusiasme warga Yogyakarta sangat tinggi.
Menurut  Rini (40) warga setempat yang turut menyaksikan kirab budaya tersebut mengatakan, bahwa acara ini sangat menarik selain menghibur, nantinya akan ada pembagian 1000 paket buku bagi warga yang menyaksikan dan berpartisipasi dengan melakukan cap tangan pada kain sepanjang 1 km yang terbentang disepanjang jalan malioboro."Sayu cukup senang dengan di gelarnya acara ini, selain mendapatkan hiburan juga mendapatkan pendidikan tentang seni. Jadi saya harap acara seperti ini selalu di lestarikan. Karena biar generasi penerus dapat mengenal budaya negeri ini,"ungkap Wanita paruh baya ini kepada harian7.com kamis (29/10). (Wiwing Erliana)

Editor : Muza

Iklan