Iklan

Iklan

,

Iklan

Operasi Zebra 2015, Pelanggar Terbanyak Kalangan Pelajar

Redaksi
Senin, 26 Oktober 2015, 18:45 WIB Last Updated 2015-10-26T12:24:07Z
Anggota Satlantas Polres Salatiga Saat Gelar Razia di Bundaran Pancasila
SALATIGA - Harian7.com, Operasi Zebra yang digelar Satlantas Polres Salatiga, Senin (26/10) di kawasan Lapangan Pancasila Salatiga dengan melibatkan kekuatan sebanyak 20 personil. Razia tersebut dimulai pukul 09.00 hingga 10.30 WIB dan dipimpin oleh Ipda Wasiadi.
“Sasaran utama Operasi Zebra ini adalah sasaran tematik terkait dengan perlengkapan kendaraan bermotor khususnya sepeda motor. Dalam operasi tersebut, sebanyak 45 pelanggar terkena razia karena pengendara tidak memiliki SIM C dan tidak membawa STNK. Petugas berhasil mengamankan 12 sepeda motor yang kelengkapannya tidak lengkap, lima pengendara tanpa membawa SIM C serta tidak membawa STNK sebanyak 28 pengendara,” terang Bripka Deny Irawan SH, anggota Satlantas Polres Salatiga kepada harian7.com, Senin (26/10).
Harapannya, masyarakat agar dalam berkendara dapat mengutamakan keselamatan dirinya dan kelengkapan sepeda motornya. Ini dilakukan bukan hanya saat ada operasi zebra namun untuk selamanya. Bahkan, operasi zebra tersebut akan lebih digiatkan dan waktunya mulai siang, sore maupun malam. Serta untuk lokasi operasi, selalu berpindah tempat hingga 4 Nopembar mendatang.
Dari pantauanharian7.com di lokasi operasi zebra, rata-rata pelanggar terbanyak dari kalangan pelajar. Mereka itu kebanyakan dalam berkendara tidak memakai helm, kelengkapan kendaraan seperti spion tidak terpasang, ban motor kecil tidak standar, tidak memiliki SIM C serta tidak membawa STNK.
“Kami sebagai warga sangat mendukung adanya Operasi Zebra ini, pasalnya dengan digelarnya operasi ini akan membuat pengendara motor semakin tertib dan tidak seenaknya sendiri dalam berkendara. Jika perlu, lokasi operasi zebra tersebut tidak hanya menyasar wilayah perkotaan namun dapat masuk wilayah pinggiran,” terang Diana Wulan (30)  warga Pereng Sari, Kelurahan Kutowinangun, Kecamatan Tingkir, Salatiga ketika ditemuiharian7.com, disela-sela Operasi Zebra di komplek Lapangan Pancasila, Senin (26/10). 

Secara terpisah Ketua LSM Laskar Merah Putih Salatiga, Arif Satriasmara, Turut mendukung dengan rutinya operasi zebra yang di gelar oleh Satlantas Polres Salatiga. Pasalnya banyak pengguna jalan yang belum taat lalin,  terutama pengendara sepeda motor yang sering ugal ugalan dan sering tidak taati rambu lalu lintas serta tidak mengenakan kelengkapan, seperti hal nya helm."Kami harap pihak Satlantas Polres Salatiga terus adakan gelar razia, agar pengguna jalan dapat tertib dan mentaati peraturan lalu lintas. Sehingga dapat meminimalis angka kecelakaan. Pasalnya seringnya terjadi kecelakaan disebabkan oleh pelenggar lalu lintas,"ungkap Arief kepada Harian7.com Senin (26/10).

Arif juga menambahkan, Kita sebagai masyarakat marilah untuk mematuhi peraturan lalu-lintas serta rambu-rambu demi keamanan dan keselamatan berkendaraan." Ketika kita patuh dan tertib lalu lintas saat berkendara kan lebih nyaman. Ya.. Tertib itu jangan karena takut dengan Polisi, namun demi keselamatan kita sendiri serta pengguna jalan lain. Saya yakin ketika kita taat serta tertib, Polantas tidak akan menilang kita,"tandasnya. (Heru/M.Nur)

Editor : Harvi Candra

Iklan