Iklan

Iklan

,

Iklan

Pilkada Serentak 2015, Belum Ada Pemantau Yang Mendaftar

Redaksi
Selasa, 29 September 2015, 23:13 WIB Last Updated 2015-09-29T16:16:36Z
SEMARANG – Harian7.com, Pemantau Pilkada hingga kini belum ada yang mendaftarkan di 21 KPU kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada serentak pada Desember 2015 mendatang. Padahal, pemantau itu sendiri akan mempunyai peran strategis karena salah satu tugasnya merumuskan pengaduan yang akan dilaporkan ke Panwas. Demikian ditegaskan Wahyu Setiawan, anggota KPU Jateng kepada wartawan, Selasa (29/9).
“Sampai sekarang, di 21 KPU kabupaten/kota di Jateng yang akan melaksanakan Pilkada, belum ada satu pun pemantau yang mendaftarkan diri. Mungkin saja, tidak ada yang berminat menjadi pemantau,” kata Wahyu.
Ditambahkan, harusnya semakin banyak peran serta masyarakat dalam pemantauan, maka akan meningkatkan kualitas Pilkada serentak. Selain itu, proses pendaftaran pemantau pilkada boleh dikatakan tidak sederhana, termasuk harus menyerahkan dokumen administrasi secara lengkap.
"Pemantau yang mendaftar diri ke KPU harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang nantinya siap diturunkan di lapangan. Bahkan, harus bisa menyampaikan asal sumber dananya. Sekali lagi, hingga kini belum ada pemantau yang mendaftarkan diri,” tandasnya.(C.Ferdhianto)

Editor : Harvi Candra

Iklan