Iklan

Iklan

,

Iklan

Mapolda Jateng Terbakar, Puluhan Tahanan Langsung Dipindahkan

Redaksi
Rabu, 30 September 2015, 17:09 WIB Last Updated 2015-09-30T10:09:26Z
Mapolda Jateng yang terbakar.
SEMARANG – Harian7.com, Akibat gedung Mapolda Jateng terbakar, Rabu (30/9) sebanyak 74 tahanan pria dan wanita diungsikan. Dari data Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Jateng sebanyak 74 tahanan tersebut diungsikan dengan diangkut menggunakan truk dan bus dan mendapat pengawalan yang ketat. Mereka dipindahkan ke Polrestabes Semarang maupun sejumlah polsek di Kota Semarang.
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Liliek Darmanto mengatakan, selain sebanyak 74 tahanan tersebut, petugas jugamengungsikan puluhan senjata api yang tersimpan di dalam gudang. Bahkan, ada seratusan sepeda motor yang ikut terbakar. Untuk melakukan pemadaman, belasan mobil pemadam kebakaran dari berbagai daerah dikerahkan melakukan pemadaman api.
“Gedung yang terbakar adalah Gedung B di lantai tengah dan api menghanguskan gedung berlantai tiga di Mapolda Jateng itu. Yang terbakar, lantai satu, dua dan tiga serta jembatan penghubung antar bangunan,” jelas Kombes Lilik Darmanto.
Sementara, Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang Sumarsono menyatakan, dengan dikerahkannya belasan mobil pemadam kebakaran itu agar api yang telah meluluhlantakkan gedung berlantai tiga Mapolda Jateng itu agar tidak merembet. Dugaan sementara, api berasal dari lantai dua gedung B tersebut, namun untuk penyebab pastinya belum dapat disimpulkan.
“Penyebab utama kebakaran, kami belum bisa memastikan. Untuk api diduga berasal dari Gedung B,” ujar Sumarsono.
Waka Polda Jateng, Brigjen Pol Musyafak mengatakan, bahwa kebakaran Mapolda Jateng itu diduga berawal dari hubungan pendek arus listrik. Bahkan, sebelum kejadian, dirinya sedang memimpin rapat di lantai dua dan kurang lebih pukul 11.17 WIB, listrik langsung padam. Dalam sekejap, api langsung ,membesar dan menghanguskan gedung berlantai tiga itu.
“Saat kebakaran terjadi, saya sedang memimpin rapat dan listrik padam mulai pukul 11.17 WIB,” kata Brigjen Pol Musyafak.
Saat terjadi kebakaran, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Nur Ali sedang menggelar kegiatan di Wonogiri dan saat mendapat kabar langsung kembali ke Mapolda Jateng di Semarang. Hingga kini, petugas masih melakukan penyelidikan terkait dengan penyebab pasti terjadinya kebakaran. (C.Ferdhianto)

Iklan