Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkot Salatiga Bisa Mencontoh Program “Smart City”

Redaksi
Senin, 24 Agustus 2015, 19:04 WIB Last Updated 2015-08-24T12:04:36Z
Walikota Bandung Ridwan Kamil (jas hitam) saat menerima Walikota dan Wakil Walikota Salatiga di ruang kerjanya.
BANDUNG –  Harian7.com, Dalam rangka menjalin komunikasi  dengan insan pers, Pemkot Salatiga menggelar ‘Pers Tour’ ke Pemkot Bandung, Rabu – Jumat (19-21/8). Dipilihnya Pemkot Bandung ini, untuk melihat dan mengetahui lebih dekat akan keberhasilan pembangunan yang telah dicapai khususnya bidang “Smart City dan Bus Bandros”. Rombongan Pemkot Salatiga yang dipimpin Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM dan Wakil Walikota H Muh Haris SS MSi ini membawa sebanyak 38 orang dengan menempuh jalur darat dengan naik bus.
Selain Walikota dan Wakil Walikota, dalam rombongan diikuti pula Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan-SDM dan Bidang Ekonomi Pembangunan, Asisten Administrasi Setda, Kepala Bappeda, Kabag Umum, Kabag Humas beserta stafnya serta para wartawan media cetak, elektronik, online dan radio yang bertugas liputan di Salatiga. Rombongan Salatiga diterima walikota Bandung Ridwan Kamil, Kamis (20/8) siang sekitar pukul 09.00 WIB, di ruang kerjanya dan dilanjutkan pemaparan program Smart City di ruang rapat Walikota Bandung.
Dalam paparannya, Walikota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan, bahwa sistem kerja Pemkot Bandung yang telah digagasnya adalah berbasis internet serta memberikan ruang khusus akan keterlibatan warga. Dalam program Smart City ini, harapannya dapat membuka akses tata kelola pemerintahan bagi keterlibatan masyarakat. Pada intinya, semua kerja aparat Pemkot Bandung akan dapat diketahui dan diawasi warganya serta sebaliknya.
“Pemkot Bandung sekarang ini sedang getolnya melaksanakan sistem kerja yang berbasis internet dan memberikan ruang khusus bagi keterlibatan warganya atau masyarakat terhadap kinerja pemerintahan dan aparat pemerintahan. Program ini ternyata mendapat sambutan bagus dari masyarakat,” terang Ridwan Kamil didampingi Wakil Walikota Bandung, dalam paparannya dihadapan rombongan Pemkot Salatiga.
Bahkan, Ridwan Kamil juga menawarkan kepada Walikota Salatiga Yulianto untuk dapat mengadopsi sistem Smart City dengan memakai aplikasi internet yang kini dilakukan Pemkot Bandung.
"Kalau memang Pemkot Salatiga tertarik dan berminat menggunakan aplikasinya, silakan saja mengadopsi dari Pemkot Bandung ini dan hanya mengajukan surat permohonan ke kami. Hanya saja, yang perlu diperhatikan perangkat yang ada di Pemkot Salatiga maupun sarana dan prasarananya sudah siap atau belum. Jika memang sudah siap, silakan sja mengadopsi,” jelas Ridwan Kamil.
Sementara, Walikota Salatiga Yulianto SE MM mengatakan, bahwa pihaknya berharap hasil kunjungan kerja ke Pemkot Bandung yang dikemas dengan ‘Pers Tour’ ini, nantinya dapat diaplikasikan di Salatiga. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Pemkot Salatga dapat mencoba menggarap sistem/program Smart City maupun Bandung Command Centre tersebut.
"Meski antara Kota Bandung dan Kota Salatiga jauh berbeda, namun program yang dilakukan Pemkot Bandung itu, tidak ada salahnya jika dilaksanakan di Kota Salatiga yang hanya empat kecamatan ini. Baik itu, Smart City maupun Bandung Command Centre. Tidak ada salahnya, kami akan membahasnya untuk mencoba menggarapnya di Kota Salatiga,” tandas Yulianto didampingi Wawali H Muh Haris. (Heru Santoso)

Editor : M.Nur

Iklan