Iklan

Iklan

,

Iklan

PDAM Alirkan Sumur Artesis Ke Warga Ngronggo

Redaksi
Jumat, 28 Agustus 2015, 16:41 WIB Last Updated 2015-08-28T09:41:13Z
Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM saat membuka kran tanda telah mengalirnya air bersih
SALATIGA - Harian7.com, Warga RW 04 Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga sekarang bisa bernafas lega, pasalnya mulai Kamis (27/8) wilayah tersebut sudah dialiri air bersih. Secara simbolis, Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM membuka kran air sumur artesis yang dibangun PDAM Kota Salatiga di wilayah tersebut. Untuk memulai operasional PDAM, dilakukan selamatan dan potong tumpeng yang dilakukan walikota dan diberikan kepada Muhdi (Ketua RW 4 Ngronggo).
Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM mengatakan, pihaknya sangat berharap kepada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cipkataru) untuk secepatnya melakukan pemasangan instalasi listrik. Ini terkait dengan lokasi rumah warga yang agak jauh. Untuk itu, Dinas Cipkataru secepatnya beruusaha agar jaringan listrik dapat sampai lokasi sumur.
Harapan saya, kepada warga untuk bersabar, sambil menunggu bagaimana pengelolaan air ini ke depannya, karena harus ada musyawarah antara PDAM dengan pihak terkait termasuk warga di sini. Kalau dalam waktu dekat ini air gratis meski PDAM harus bolak-balik mengangkut genset," terang Yuliyanto.
Sementara, Direktur PDAM Kota Salatiga H Samino SE MM mengatakan, setelah beberapa bulan sejak musim kemarau tiba, warga Ngronggo mencari sumber air yang bisa digali PDAM dan akhirnya berhasil menemukan sumbernya. Bahkan, airnya bisa mencukupi warga Ngrongo.
"Kendalanya sekarang ini adalah belum adanya instalasi listrik ke sumur tersebut maupun instalasi pipa air bersih yang menuju ke rumah warga. Sementara ini, masih menggunakan genset PDAM dan selang darurat untuk mengalirkan air bersih ke tandon pusat kampung," kata Samino.
Sementara, salah seorang tokoh warga, Muhyidin (42) mengaku senang setelah kampungnya mendapatkan aliran air bersih dari PDAM. Dengan kenyataan ini, kini warga Ngronggo tidak perlu lagi harus ngangsu ke sumur wali yang jaraknya lumayan jauh dari pemukiman warga serta jalannya yang susah ditempuh.
Terus terang, kami disini merasa senang sudah ada aliran air bersih kepada warga Ngronggo. Hal ini ada konsekuensinya, salah satunya harus mau merawatnya,” kata Muhyidin.
Kabid Teknis PDAM Ponidjo menambahkan, bahwa air yang mengalir dari sumur artesis ini dapat melayani warga RW 04 sebanyak 385 KK, terdiri dari 5 RT dengan jumlah penduduk sebanyak 1.165 jiwa. (HERU SANTOSO)

Editor : M.Nur

Iklan