Iklan

Iklan

,

Iklan

Ganjar Siapkan Helikopter Untuk Pemadaman Kebakaran Hutan

Redaksi
Kamis, 27 Agustus 2015, 17:04 WIB Last Updated 2015-08-27T10:04:19Z
SEMARANG - Harian7.com, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap mengerahkan sejumlah helikopter untuk membantu melakukan pemadaman kebakaran hutan di lereng-lereng gunung yang sulit dijangkau. Langkahnya ini telah dikoordinasikan dan dibahas dan tinggal mencari tingkat kecepatan dan kedaruratannya lahan yang terbakar.
“Kebakaran hutan yang terjadi di beberapa lereng gunung di Jateng itu rata-rata berada di lokasi yang sangat sulit dijangkau oleh petugas. Baik petugas dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI/Polri, tim sukarelawan, para pecinta alam, maupun masyarakat umum,” terang Ganjar.
Menurutnya, hingga kini terus melakukan koordinasi dengan BNPB terkait dengan upaya pemadaman kebakaran hutan di lereng gunung yang ada di Jateng yang diduga terjadi akibat ulah manusia. Pihaknya juga mengimbau kepada para pendaki gunung agar berhati-hati saat menyalakan api, tidak sembarangan membuang puntung rokok, dan memastikan api benar-benar telah padam ketika selesai melakukan pendakian.
Sebelumnya, sejumlah hutan di lereng-lereng Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, maupun Gunung Lawu mengalami kebakaran dengan luas lahan yang berbeda-beda. Bahkan, pemadaman butuh waktu lama karena lokasinya yang sulit dijangkau. (ANT/Red)

Iklan