Iklan

Iklan

,

Iklan

Hadapi Arus Mudik, Dua Puskesmas 24 Jam Disiapkan

Redaksi
Senin, 29 Juni 2015, 16:28 WIB Last Updated 2015-06-29T09:28:51Z
Tim dari Provinsi Jateng saat meninjau Puskesmas Sidorejo.
SALATIGA - Harian7.com, Tim pemantau kesiapan hari raya Idul Fitri Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin Kadinas ESDM Ir Teguh Dwi Paryono meninjau kesiapan Kota Salatiga, Senin (29/6). Rombongan langsung meninjau Puskesmas Sidorejo yang dipersiapkan sebagai Puskesmas 24 jam menghadapi Lebaran.
Tim pemantau lebaran provinsi terdiri dari Setda Provinsi, Polri, BPBP, Binamarga, PSDA, Bulog, BI, Balai POM, Dishub, Biro Perekonomian dan Perindag. Materi yang ditinjau, bagaimana rencana operasional puskesmas pada masa arus mudik dan arus balik lebaran, bagaimana SOP keadaan darurat dan penanganan apabila kejadian kejadian kecelakaan lalin dan kejadian luar biasa.
"Tim juga memantau bagaimana kesiapan peralatan medis (kamar rawat inap dan peralatannya) saat lebaran, pengecekan kesiapan obat-obatan, bagaimana kondisi infrastruktur/fasilitas puskesmas serta kasus di bidang kesehatan yang terjadi pada tahun lalu dan langkah antisipasi yang dipersiapkan," terang Teguh Dwi Paryono.
Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Dokter Sofie Haryanti mengaku akan menyiapkan dua puskesmas 24 jam untuk menghadapai lebaran. Pihaknya, telah siap menghadapi lebaran, baik arus mudik maupun arus balik. Dua puskesman 24 jam yang kita siapkan adalah Puekesmas Sidorejo dan Puskesmas Cebongan, termasuk RSUD.
“Kami telah menyiapkan puskesmas 24 Jam yaitu Puskesmas Sidorejo dan Puskesmas Cebongan serta RSUD Salatiga. Masing-masing pos akan ada tim medis maupun ambulan. Khususnya, di pos lebaran pintu masuk JLS, tim medis siap menangani peristiwa kecelakaan, jika terjadi kecalaan berat maka sudah dipastikan korban akan dirujuk ke RSUD Salatiga,” tandas Dokter Sofie. (Heru Santoso)

Editor : M.Nur

Iklan