Iklan

Iklan

,

Iklan

Ratusan Warga Lansia di Kota Salatiga, Peringati Hari Lansia Nasional

Redaksi
Jumat, 29 Mei 2015, 17:59 WIB Last Updated 2015-05-29T10:59:36Z
SALATIGA -  Harian7.com, Jumlah penduduk Indonesia dengan usia diatas 60 tahun atau tergolong lanjut usia (Lansia), setiap tahunnya terus meningkat. Tahun 2030 mendatang diperkirakan mencapai 80 juta jiwa dan setiap empat orang penduduk Indonesia, satu diantaranya adalah golongan Lansia. Khususnya di Kota Salatiga pada tahun 2015 diperkirakan jumlah Lansia mencapai 61.332 jiwa atau 31% dari total jumlah penduduk. Demikian dikatakan Sarwono, Komda Lansia Kota Salatiga, disela-sela senam massal peringatan Hari Lansia Nasional 2015 di halaman Pemkot Salatiga, Jumat (29/5).
“Senam yang digelar ini sebagai upaya untuk menjaga kesehatan para Lansia. Pasalnya, secara fisiologis orang lanjut usia mengalami degenasi sel yang juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh, sehingga para lansia mudah terjangkit penyakit. Tema dalam peringatan ini "Dengan Hari Lanjut Usia Nasional 2015, Kita Tingkatkan Derajat Kesehatan dan Produktifitas Lanjut Usia,” papar Sarwono.
Sementara, Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM mengatakan, bahwa sesuai data statistik menunjukkan pertumbuhan jumlah lansia yang terus meningkat setiap tahunnya. Tentunya butuh perhatian dan antisipasi dari berbagai pihak guna menjamin kualitas kesejahteraan lanjut usia.
“Menjadi manusia lansia memang tidak bisa dihindari, tetapi menjadi lansia yang sehat dan produktif itu sebuah pilihan, untuk itu saya berharap agar para lansia tetap menjaga kesehatan dengan rutin berolah raga meski olah raga yang ringan, tetap semangat, berpikir yang positif dan bertekad untuk mengisi hari-hari dengan kegiatan yang produktif," tandas Yuliyanto. (Heru Santoso)


Editor : M.Nur

Iklan