Iklan

Iklan

,

Iklan

BAZIS Tasyarufkan Dana ZIS Rp 394 Juta

Redaksi
Kamis, 28 Mei 2015, 12:37 WIB Last Updated 2015-05-28T05:37:32Z
UNGARAN – Harian7.com, Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (BAZIS) Kabupaten Semarang, periode Mei kembali mentasyarufkan dana Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) sebesar Rp 394 juta kepada mereka yang berhak menerima. Bupati Semarang H Mundjirin dalam sambutannya pada acara Silaturrahmi Ulama- Umaro Tingkat Kabupaten Semarang putaran ke- 234 yang di laksanakan di Halaman MTs Sudirman Kawengen Ungaran Timur, Selasa (26/5) siang, menghimbau agar warga masyarakat bisa menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah melalui BAZIS.
Ketua Badan Pelaksana Bazis Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono, yang diwakili oleh Wakil Ketua II H. Munashir  menjelaskan dana yang ditasyarufkan tersebut dibagikan kepada 19 pengurus Bazis tingkat kecamatan senilai Rp 291 Juta. Dana itu nantinya digunakan untuk membantu berbagai kegiatan kemaslahatan umat, bantuan kesehatan serta bantuan pendidikan di tiap-tiap kecamatan.
Selain itu dana senilai Rp 70 Juta akan dimanfaatkan untuk berbagai bantuan di tingkat Kabupaten Semarang. Diantaranya bantuan melalui Program Kabupaten Semarang Sehat bagi warga yang membutuhkan senilai Rp 13 juta, bantuan untuk Kabupaten Semarang Peduli  Rp 19.5 juta, bantuan Kabupaten Semarang Cerdas Rp 14 juta, bantuan sarana prasarana Rp 14 juta serta bantuan kemaslahatan umat sebesar Rp 9.5 juta.
“Penyaluran dana ZIS tersebut diharapkan bisa meringankan beban hidup serta membantu warga yang sangat membutuhkan,” lanjut Munashir.
Sementara itu Camat Banyubiru Suratno, SH mengatakan pihaknya selaku pengurus BAZIS Kecamatan Banyubiru telah melakukan sosialisasi pembentukan UPZIS meliputi sepuluh desa di wilayahnya. “Dengan terbentuk UPZIS hasil setoran ZIS di Banyubiru mengalami kenaikan yang signifikan,” jelas Suratno.
Hadir dalam acara tersebut Kepala SKPD, Kepala  lembaga vertikal, Kepala Kantor Kemenag H. Subadi, pengurus Bazis kabupaten dan kecamatan, alim ulama, tokoh masyarakat serta warga masyarakat sekitar. Acara diakhiri dengan tausyiah yang disampaikan oleh KH Agus Matsna dari Ungaran. (imm)


Laporan : Imam Ikhsan

Iklan