Iklan

Iklan

,

Iklan

Di Jateng, 1 Satpol PP Mengayomi 18.500 Jiwa

Redaksi
Selasa, 28 April 2015, 23:13 WIB Last Updated 2015-04-28T16:13:23Z
SALATIGAHarian7.com, Jumlah anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah hingga tahun 2015 ini dinilainya masih jauh dari harapan bahkan sangat kurang. Sebagai perbandingan, satu anggota Satpol PP harus mengayomi sedikitnya 18.500 warga. Demikian diungkapkan Kepala Satpol PP Jateng, M Masrofi pada Pengukuhan dan Sosialisasi Kader Siaga Trantib di Ruang Sidang II Pemkot Salatiga, Selasa (28/4).
Dalam pengukuhan itu, sebanyak 235 peserta mengikutinya, yang terdiri dari Kader Siaga Trantib, Camat dan Kasi Trantib Kecamatan, Lurah serta tamu undangan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 158 kader siaga trantib (KST) dikukuhkan langsung oleh Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM.
“Tugas Satpol PP ini bukan hanya melakukan penertiban para pedagang kaki lima (PKL) namun lebih dari itu sebagai penegak peraturan daerah (Perda) serta sebagai pengayom masyarakat. Dengan minimnya jumlah personil maka harus dilakukan adanya kerjasama dengan pihak kepolisian, TNI maupun masyarakat,” tandas M Masrofi, Selasa (28/4).
Sementara, Kepala Kantor Satpol PP Kota Salatiga, Kusumo Aji SH mengatakan, bahwa maksud dari dikukuhkannya KST adalah dalam rangka melibatkan partisipasi aktif masyarakat secara swakarsa agar dapat membantu melakukan pengawasan terhadap permasalahan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat masyarakat.
"Tugas Satpol PP selain sebagai penegak perda juga dapat memberikan informasi apabila terjadi pelanggaran perda melalui deteksi dini dan lapor cepat secara berjenjang," tandas Aji. (Heru Santoso)

Editor   : M.Nur

Iklan