Iklan

Iklan

,

Iklan

Pengrajin Batu Akik Unik, Garap Dengan Alat Sederhana

Redaksi
Minggu, 29 Maret 2015, 23:35 WIB Last Updated 2015-03-29T17:18:51Z
UngaranHarian7.com, Perajin batu akik yang satu ini tergolong unik, pasalnya tempat dan penggarapannya dilakukan di sekitaran makam serta pada malam hari.. Dialah, Syahri ( 35) warga Desa Karang Tengah, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Kesehariannya sebagai pengrajin batu akik yang mangkal di depan SPBU Pabelan.
Syahri mengaku dalam sehari dirinya dapat membuat 70 batu akik dengan alat yang tergolong sederhana. Ini dilakukannya sejak tahun 1995 silam. Dalam menggarap batu akik, dirinya mengaku pernah dari jam 10.00 wib hingga pagi hari lain serta tidak tidur sama sekali. Pembuatan batu akik di tengah malam karena batu tersebut dinilainya sangat aneh sehingga butuh ketenangan lingkungan.
“Untuk membuat batu yang dinilainya sedikit aneh, saya lakukan tengah malam. Karena dengan dijiwai membuat batu akik maka bisa harus sejiwa dengan batu itu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan harus bisa menjiwai dan melihat karakter batu sehingga hasil akhirnya juga akan indah. Batu itu hidup karena di dalam batu itu tertanam semua makluk yang ada di bumi ini, jadi kalau membuat batu tidak dengan penjiwaan yang dalam hasilnya tidak maksimal. Lebih penting, akan ber-efek buruk bagi pemakainya,” jelas Syahri kepada harian7.com, Minggu (28/3) malam.
Salah satu pelanggan, Waluyo (47) warga Salatiga mengaku meski mengerjakannya dengan alat seadanya, Syahri bisa membuat batu dengan cepat dan bagus. Juga dapat mencari serat batu sehingga untuk jenis batu gambar akan dapat jelas terlihat ke indahan lukisan didalam batu itu. Juga, bisa membuat batu dengan bentuk faset yang seharusnya pakai mesin khusus namun cukup dengan manual dan alat sederhana.
Hal senada diungkapkan Machbud (34) warga Temanggung bahwa dirinya baru pertama kali melihat cara-cara membuat batu yang unik. Selain dengan alat sederhana ternyata hasilnya sangat bagus. Dengan hasilnya itu, Syahri bukan hanya pengrajin batu namun merupakan seniman batu, buktinya batu yang digarapnya itu banyak memunculkan gambar yang aneh layaknya gambar hasil lukisan. (Harvi/San)

Editor   : M.Nur

Iklan