Iklan

Iklan

,

Iklan

Wow....? Di Salatiga Gaji PNS Kalah Dengan Penghasilan Pengrajin dan Pedagang Batu Akik

Redaksi
Senin, 30 Maret 2015, 01:23 WIB Last Updated 2015-03-29T18:53:52Z
Salatiga  - Harian7.com, Siapa yang mengira jika pengrajin dan pedagang batu akik dapat meraup untung tinggi dari hasil mengolah dan berjualan batu akik yang kini lagi booming.  Dari sekian daerah yang juga dilanda demam batu akik adalah Kota Salatiga. Di daerah ini banyak ditemukan pecinta dan pemburu batu akik.
Tidak sekedar mencari batu akik tetapi para pemburu batu akik juga dapat melihat langsung proses mengasah batu akik dari batu bongkahan batu menjadi batu akik yang indah.
"Bagi para pemburu batu akik,yang berkunjung di Pasar Andong, selain untuk membeli batu akik mereka juga dapat melihat langung proses pembuatanya,bahkan bagi mereka yang mau membuat dan belajarpun kami persilahkan," kata Supri salah satu pengrajin dan pedagang di Pasar Andong Salatiga, Minggu (29/3/2015).

Semenjak booming batu akik dirinya dan pedagang lain pun meraup untung yang sangat besar, dalam sehari penghasilan yang di dapat mencapai Rp. 600 ribu,- hingga 1 juta lebih.
 “ Saya sangat bersyukur dengan boomingnya batu akik, karena penghasilan saya pun lebih dari cukup, selain saya dampak boomingnya batu akik juga dirasakan pedagang dan pengrjin lain dikota Salatiga, yang dulunya penghasilanya ‘pas-passan’ kini melimpah, sehingga meningkatkan taraf ekonomi kami,” tambahnya.

Hal serupa juga di akui salah satu pedagang batu akik yang biasa berjualan di pasar shoping Salatiga,Puryanti (37),  Sebelum batu akik booming penghasilan sehari didapat hanya sekitar Rp. 100 ribu kini bisa mencapai hingga Rp.600 ribu perhari.
 “ Semenjak booming batu akik, ‘alhamdulillah’ rejeki saya pun bertambah, dari sebelumnya saya seharian buka lapak hingga sore hari paling cuma dapat Rp 100 ribu, kini bisa dapat Rp.600 ribu,dengan penghasilan yang lebih ini saya bisa menabung dan bisa berbagi kepada sesama,” Tutur Puryanti kepada Harian7.com.

Secara terpisah Ketua LSM LPKPP, Winarno, mengatakan, Dengan boomingnya batu akik di berbagai Kota di Indonesia ini sangatlah berdampak positif, khususnya di Kota Salatiga, setidaknya dengan hal ini dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Khususnya para pengrajin dan pedagang yang sebelumnya mendapatkan penghasilan ‘pas-passan’ kini dapat meningkat pesat. Bahkan gaji PNS pun jauh tertinggal dari penghasilan para pengrajin dan pedagang batu akik.
 “ Dalam hal ini pemerintah setempat di harap bisa turut mendukung, karena dengan boomingnya batu akik dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat ditengah tengah ekonomi yang saat ini dapat di dinilai labil, apa lagi dari pantauan saya kini pendapatan mereka melimpah ruah, dari sebelumnya yang hanya cukup buat menyambung hidup, sekarang bisa lebih sehingga bisa menabung, bahkan pendapatan mereka kalau di hitung hitung jauh lebih besar dari gaji PNS,” katanya. ( Harvi Chandra )

Editor   : M.Nur

Iklan