Iklan

Iklan

,

Iklan

"Las Vegas" Cafe and Karaoke, Ciptakan Model Pemberdayaan Masyarakat

Redaksi
Selasa, 31 Maret 2015, 10:53 WIB Last Updated 2015-03-31T03:53:01Z
UNGARAN – Harian7.com, Para wisatawan yang berkunjung di komplek wisata Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang tidak hanya dapat menikmati wisata alam, namun sejak empat tahun ini ada tujuan tambahan, yaitu wisata entertainment (hiburan). Salah satu tempat menjadi kunjungan wisata entertainment adalah pengunjung dapat santai berkaraoke di ‘Las Vegas’ Cafe and Karaoke.
            Pemilik ‘Las Vegas’ Cefe and Karaoke, Singgih ‘nDamo’ Riwanto (33) mengatakan, bahwa selain menciptakan wisata entertainment dengan membuka karaoke tersebut, lebih dari itu pihaknya menciptakannya dengan model pemberdayaan masyarakat. Pasalnya, karaoke dengan 18 ruang/room, dua diantaranya room VIP ini, seluruh karyawannya yang berjumlah 45 orang merupakan warga Kecamatan Getasan. Selain itu, karaoke miliknya ini merupakan yang terbesar di Kopeng.
            “Saya membuka usaha karaoke ini, dengan satu tujuan ingin menciptakan wisata entertainment (khusus hiburan) serta mempunyai visi misi pemberdayaan masyarakat. Sehingga, para pengunjung Kopeng tidak hanya akan menikmati wisata alam saja. Semua karyawan disini, adalah dari warga Kecamatan Getasan. Karaoke dengan nama room mengambil nama nerk mobil sport ini mempunyai 18 room dan jam operasional mulai pukul 14.00 hingga 02.00 wib,” terang nDamo, demikian panggilan akrabnya , yang tinggal di Kopeng RT 06 RW 03 Sleker, Getasan, Kabupaten Semarang kepada harian7.com, Senin (30/3).
            Ditambahkan, alasan membuka karaoke pukul 14.00 wib, karena mengikuti budaya masyarakat Kopeng. Pasalnya, jika membuka sebelum pukul 14.00, maka pihaknya tidak akan mendapat dukungan masyarakat. Ini lebih menghargai kehidupan masyarakat sekitar bahwa budaya masyarakat Kopeng, karena mulai pukul 14.00 itu rata-rata warga Kopeng sudah mulai berada di rumahnya masing-masing. Dan para karyawannya pun, juga memiliki kesibukan atau pekerjaan diluar sebagai karyawan karaoke ini.
            Selain itu, ayah seorang anak ini juga siap meningkatkan tingkat kunjungan ke karaokenya maupun Kopeng, pihaknya telah merencanakan event-event khusus dengan menggandeng sponsor dan akan digelar pada hari-hari tertentu. Bukan itu saja, dalam waktu dekat akan membangun cottage di komlek karaoke tersebut.
            Terkait dengan nama karaokenya ‘Las Vegas’, suami dari Cindy Armila menegaskan, bahwa ini dilatarbelakangi dengan nama tersebut merupakan tempat hiburan kelas dunia. Sehingga, jika orang berkunjung ke Kopeng dan akan mencari tempat hiburan maka akan selalu ingat dengan nama Las Vegas. Begitu juga dengan cafe and karaoke yang dibukanya di Magelang, juga menggunakan nama Las Vegas serta nama-nama room menggunakan nama mobil sport.
            “Saya memilih nama karaoke ini menggunakan ‘Las Vegas’ karena akan mengingatkan orang jika mencari hiburan maka akan selalu ingat nama Las Vegas, yang merupakan tempat hiburan kelas dunia. Selain menekuni usaha hiburan dengan membuka karaoke, juga memiliki usaha peternakan ayam petelur dan pedaging, sejumlah hotel di Salatiga dan Kopeng serta usaha transportasi. Dalam setiap membuka usaha baru, saya selalu menekankan dengan pemberdayaan masyarakat,” tandas lelaki pecinta mobil sport mengakhiri perbincangannya dengan harian7.com. (Heru Santoso)

Editor : M.Nur

Iklan