Iklan

Iklan

,

Iklan

Petinju Asal Salatiga, Raih Juara Dunia Kelas Ringan Yunior

Redaksi
Senin, 29 Desember 2014, 20:06 WIB Last Updated 2014-12-29T13:06:23Z
SALATIGAHarian7.com, Rivo Rengkung (30) petinju yang tinggal di Jalan Tirtoyoso II/43 Nanggulan, Kelurahan Kutowinangun, Kecamatan Tingkir, Salatiga ini, namanya berkibar  setelah berhasil menorehkan prestasi menjuarai kejuaraan tinju profesional di Timor Leste. Rivo yang asli Tomohon Sulawesi Utara itu, menjuarai kelas ringan yunior (58,9 kg) versi World Professional Boxing Federation (WPBF). Dalam kejuaraan tinju ini, pemrakarsanya adalah mantan petinju Thomas Americo, juara dunia tinju profesional versi OPBF yang merupakan petinju asli Timor Leste (yang dulu bernama Timor Timur).
Saat berkunjung ke pressroom Pemkot Salatiga, Rivo Rengkung yang didampingi istrinya mengatakan, dirinya memenangi pertandingan melawan petiinju Filipina, Virgol Puton dengan menang angka 12 ronde. Meski masih terjun untuk bertanding, Rivo juga aktif menjadi pelatih tinju amatir. PON 2012 di Riau lalu, bahkan menjadi salah satu pelatih tinju tim Jateng dan tahun 2009 menjadi salah satu pelatih tim tinju Porprov untuk tim dari Kota Salatiga.
“Saat di Timor Leste itu saya menang angka di ronde ke 12 atas petinju Filipina, Virgol Puton. Bahkan, oleh pelatih mereka itu, saya ditarget hanya sampai ronde ketiga dan kalah KO. Ternyata, target itu tidak terbukti dan akhirnya saya yang justru menggenggam sabuk juara dunia WPBF. Virgol selama ini terkenal dengan raja KO dan saya sendiri sudah mengantongi kemenangan KO sebanyak 18 kali dari kelas yang berbeda. Baik dari kelas bantam, bulu maupun kini ringan yunior. Sejak saya berkarier tinju, rekor saya 59 kali bertanding - 33 kali menang - 5 kali seri dan 21 kalah,” jelas Virgol didamingi istrinya dan Kabag Humas Pemkot Salatiga Adi Setiarso SE kepada wartawan di pressroom Pemkot Salatiga, Senin (29/12) siang.
Ditambahkan, pada Juli 2015 mendatang, lelaki dengan aanting ditelinga dan tangan penuh tatto akan menjalani mandatory dengan melawan petinju dari Thailand di kelas ringan yunior. Selama ini, untuk latihan fisik dijalaninya di Salatiga, Solo maupun Timor Leste, hal ini karena sebagai promotornya dari Timor Leste. (SAN)

Editor       : M.Nur
Laporan  : Heru Santoso

Iklan