Iklan

Iklan

,

Iklan

Atasi Energi Listrik, PLTP Gunung Ungaran Harus Didukung

Redaksi
Senin, 27 Oktober 2014, 18:09 WIB Last Updated 2014-10-27T11:09:48Z
UNGARANHarian7.com, Untuk mengantisipasi ancaman defisit energi listrik serta tertundanya pembangunan PLTU di Batang, Pemkab Semarang berupaya mendorong kebijakan dalam pengembangan sumber energi di wilayahnya, khususnya tenaga panas bumi (geothermal). Untuk di Kabupaten Semarang ini, pembangkit listrik tenaga panas bumi dapat dikembangkan di wilayah Gunung Ungaran maupun Telomoyo. Demikian ditegaskan Sekda Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono kepada wartawan, Senin (27/10).
“Untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Kabupaten Semarang, dapat dikembangkan di daerah Gedongsongo, Kecamatan Bandungan dan diperkirakan memiliki kapasitas 2 X 500 megawatt (MW). Bahkan, begitu juga di kawasan Gunung Telomoyo, yang masuk wilayah Kecamatan Getasan. Dari dua wilayah itu, yang siap adalah berlokasi di sekitar kawasan Candi Gedongsongo,” kata Gunawan.
Hingga sekarang ini, realisasi pembangunan PLTP di kawasan Candi Gedongsongo, Kecamatan Bandungan itu terus dalam proses. Salah satu proses yang kini masih berjalan adalah pendekatan dengan investor PT Giri Indah Sejahtera (GIS). Untuk perintisannya, diakui telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu.
“Kendala yang dihadapi, diantaranya proses perizinan. Hal ini, karena lokasi PLTP tersebut terletak di kawasan lahan Perum Perhutani. Juga, lokasinya yang berdekatan dengan kawasan perlindungan cagar budaya. Tetapi, semua kendala itu kini pelan-pelan dapat dipecahkan dan diselesaikan. Tidak lama lagi pasti PLTP tersebut akan terwujudnyata,” tandasnya. (SAN)



Editor     : Harvi Chandra

Laporan  : Heru Santoso

Iklan