Iklan

Iklan

,

Iklan

Bak Penampung Sampah Gamblok Dinilai Tidak Layak

Redaksi
Minggu, 28 September 2014, 18:21 WIB Last Updated 2014-09-28T11:21:58Z
AMBARAWA – Harian7.com,Tempat penampungan sampah yang sudah bertahun-tahun berada di pertigaan Gamblok, Ambarawa, Kabupaten Semarang akhir-akhir ini banyak dikeluhkan warga sekitar. Pasalnya, dengan semakin padatnya penduduk di daerah itu serta menumpuknya sampah tersebut, membuat warga mengharapkan dipindahkannya tempat penampungan sampah itu. Selain itu, seiring perkembangan wilayah, tempat penampungan itu dinilainya sudah tidak layak berada di tengah kota.
          Haryadi (56) warga Lodoyong, Ambarawa, Kabupaten Semarang mengatakan, bahwa dengan semakin menumpuknya sampah yang dibuang warga sekitar ke tempat penampungan sampah itu, maka jika tempat itu tidak dipindahkan segera, akan memunculkan permasalahan batu. Masalah tersebut seperti bau yang mengganggu lingkungan maupun pemandangan yang kurang sedap.
          Disamping itu, saat sampah itu diambil atau dinaikkan truk pengangkut sampah, bau tidak sedap semakin menyengat. Jelas hal ini sangat mengganggu kesehatan masyarakat. Harusnya, Pemkab Semarang mulai memikirkan pemindahan tempat pembuangan sampah tersebut. Paling tidak, lokasinya dipindahkan yang jauh dari pemukiman warga.
          “Hampir tiap hari warga sekitar, selalu menghirup udara berbau sampah. Pasalnya, sampah yang dibuang warga itu harus menumpuk di tempat pembuangan itu dan esok harinya baru diambil truk pengangkut sampah untuk dibuang di TPA. Bau tidak sedap ini, jelas membuat warga terganggu kesehatannya. Dengan kondisi ini, kami berharap Pemkab Semarang dapat memikirkan pemindahan tempat penampunagn sampah ini. Apalagi, jika Pasar Suroboyo yang dibangun di depannya itu telah selesai, maka akan semakin menumpuk sampah yang dibuang di tempat penampungan di Gamblok ini,” terang Haryadi, salah satu tokoh masyarakat Lodoyong. Ambarawa, Minggu (28/9).
          Hal senada diungkapkan Ny Triana Murniyati (59) warga Panjang Kidul, Ambarawa. Bahwa, meski rumahnya berjauhan dari tempat penampungan sampah tersebut, namun setiap hari selalu melihat penumpukan sampah di tempat itu. Jika awalnya untuk penampunagn sementara, namun seiring perkembangan jaman, sekarang ini dinilainya sudah tidak layak lagi ditengah Kota Ambarawa ada tempat penampungan sampah. Ini akan mengotori wilayah dan harapannya secepatnya dapat dipindahkan tidak ditengah kota atau jauh dari pemukiman warga.
          “Yang jelas, untuk sekarang ini tempat penampungan sampah di tengah kota ataupun ditengah pemukiman padat penduduk, saya kira sudah tidak layak. Seperti bak penampung di Gamblok ini sudah tidak layak dan harus segera dipindahkan. Kalau saya menilai lebih tepat, tempat penampungan sampah ini ditempatkan di belakang Pasar Projo Ambarawa dan lokasi di Gamblok ini ditutup,” tandas Triana Murniati, salah seorang guru di salah satu SMP di Kabupaten Semarang. (san)

Editor        : Muza
Laporan   : Heru Santoso

Iklan