Iklan

Iklan

,

Iklan

Kenaikan Tarif Air PDAM Sesuai Inflasi

Redaksi
Minggu, 20 Juli 2014, 19:55 WIB Last Updated 2014-07-20T12:55:21Z
SALATIGA Harian7.com, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Salatiga mulai September 2014 mendatang bakal menaikkan tarif air bersih. Kenaikan ini harus dilakukan karena terkait dengan penyesuaian dengan inflasi. Kenaikan ini berlaku pada pembayaran bulan September 2014 untuk pemakaian rekening bulan Agustus. Demikian diungkapkan Ketua Tim Tarif PDAM Kota Salatiga Haryanto didampingi Direktur PDAM Samino.

“Penyesuaian ini harus dilaksanakan untuk menyesuaikan biaya produksi dan nilai harga yang juga naik. Sebelum kenaikan ini diberlakukan, tim tariff telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para pelanggan PDAM di empat wilayah kecamatan di Salatiga,” kata Haryanto yang juga didampingi Wakil Ketua Tim Tarif, Bambang Ismanto. 
Menurutnya, dasar hukum penyesuaian tariff ini diantaranya Pasal 23 ayat 2 Permendagri 23 Tahun 2006, yaitu untuk kesinambungan pelayanan PDAM, paling lambat dalam 5 tahun sekali pihak direksi dapat melakukan peninjauan tariff. Lalu, Pasal 23 Perwali Salatiga Nomor 51 Tahun 2007 yang intinya penyesuaian tariff tahunan dengan memperhitungkan nilai indeks inflasi tahunan dari BPS.
Tarif yang naik per meter kubik untuk pemakaian 10 meter kubik adalah, rumah tangga A naik Rp 110, rumah tangga B naik Rp 230 dan rumah tangga C naik Rp 335. Sedangkan tariff dasar PDAM Salatiga dari Rp 720 menjadi Rp 830. Dan tariff air bersih di Salatiga ini masih lebih murah dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Jawa Tengah.
“Prinsipnya kenaikan tariff ini diantaranya, keterjangkauan dan keadilan maksimal 4% dari UMK Salatiga sebesar Rp 1.170.000, kontinuitas pelayanan, pemulihan biaya operasional, efisiensi pemakaian air serta transparansi dan akuntabilitas dan perlindungan akan air beku.
"Dari besarnya penyesuaian tariff PDAM tersebut, dinilainya sudah wajar dan warga juga dapat menerima akan kenaikan tariff ini. Ini semua tetap akan diimbangi dengan pelayanan yang semakin baik dari PDAM, “ tandas Samino, Direktur PDAM Salatiga. (WID)

Editor           : Muza
Laporan       : Budi Widjayanto

Iklan