Iklan

Iklan

,

Iklan

Warga di wilayah Kecamatan Sidorejo Salatiga Keluhkan Mahalnya Biaya Pemakaman

Redaksi
Minggu, 15 Juni 2014, 17:38 WIB Last Updated 2014-06-15T10:38:17Z
SALATIGA - Harian7.com, Warga di wilayah Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga mengeluh dengan mahalnya biaya pemakaman di pemakaman umum yang berada di luar wilayahnya. Hal ini membuat warga berharap kepada Pemkot Salatiga agar dapat menyediakan tempat pemakaman umum (TPU) di wilayah Kecamatan Sidorejo.
Dicontohkan, pemakaman di TPU Jengkol, Domas, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, dari kesepakatan di RW 08 Domas, bahwa bagi warga di luar RW 08, jika dimakamkan di TPU tersebut maka biaya bedah bumi sebesar Rp 1,5 juta. Hal ini karena semakin penuh dan terbatasnya lahan makam, dan diprioritaskan untuk warga setempat. Jika ada warga lain maka harus mengikuti aturan di RW 08.

Walikota Salatiga Yuliyanto menyatakan, terkait dengan mahalnya biaya pemakaman itu tergantung aturan di masing-masing wilayah. Pemkota Salatiga tidak dapat mengintervensinya dan mencampurinya. Pasalnya, pengelola makam juga tidak akan memaksa seseorang untuk dimakamkan di tempat itu.
“Mahalnya biaya pemakaman itu tergantung wilayah masing-masing dan Pemkot salatiga tidak dapat mencampurinya atau mengintervensi. Ke depan, Pemkot Salatiga bakal menyediakan tempat pemakaman umum (TPU) di wilayah Kecamatan Sidorejo dengan menggunakan tanah bengkok yang ada,” tandas Yuliyanto.
Menurutnya, Pemkot Salatiga kini telah membuka TPU di dua kecamatan yaitu di daerah Sawahan, Kecamatan Argomulyo dan Celong,  Kecamatan Tingkir. Kedepan akan disediakan pula untuk di Kecamatan Sidomukti dan Sidorejo. (WID)

Editor      : Muza
Laporan  : Budi Widjayanto

Iklan