Iklan

Iklan

,

Iklan

Raskin Masih Dibutuhkan Warga Miskin

Redaksi
Jumat, 20 Juni 2014, 18:02 WIB Last Updated 2014-06-20T11:02:31Z
SALATIGA Harian7.com, Akhir bulan Juni ini, warga miskin di Kota Salatiga akan mendapatkan beras miskin (raskin). Penyaluran ini untuk membantu warga miskin dalam memenuhi kebutuhan pangan dan menekan kenaikan harga beras di pasaran menjelang bulan Ramadan. Dan penyaluran ini merupakan kebijakan dari pemerintah pusat.

Untuk teknis dan mekanisme penyaluran masih tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dari gudang Bulog dikirim ke sejumlah titik distribusi di masing-masing kantor kelurahan lalu diteruskan ke rumah tangga sasaran (RTS). 
"Untuk penyalurannya telah dimulai sejak Senin lalu dan Jumat (20/6). telah selesai seluruhnya. Tahun 2014 ini, Kota Salatiga mendapat kuota sebanyak 6.440 RTS dan kuantum beras sebanyak 96.600 kg dengan rincian, masing-masing RTS mendapatkan jatah 15 kg. Harga per kilogramnya sebesar Rp 1.600. Penyaluran raskin ini dapat untuk membantu beban RTS dalam mencukupi kebutuhan pangan menjelang Ramadan,” jelas Kabag Humas Pemkot Salatiga Adi Setiarso, Jumat (20/6).
Sementara itu, Parjono (56) warga Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga mengaku senang dengan datangnya penyaluran beras ini. Bahwa raskin ini sangat membantu keluarganya dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Selain itu, menjelang lebaran biasanya harga kebutuhan pokok khususnya beras akan mengalami kenaikan harga, dengan mendapatkan raskin sangat terbantu.
“Terus terang, saya dan keluarga merasa senang dan telah terbantu dengan adanya raskin ini. Jika membeli diluaran tentunya akan memberatkan kami yang hanya bekerja sebagai buruh serabutan. Apalagi, menjelang lebaran ini maka raskin akan benar-benar saya manfaatkan dan tidak akan saya jual. Karena, rasa berasnya juga enak dan jika ada yang mengatakan berasnya apek, itu sangat tidak benar,” terang lelaki dengan lima orang anak kepada Barometer, Jumat (20/6).
Hal senada dikatakan Sumini (62) yang juga tetangga Parjono, bahwa dengan mendapatkan raskin ini, maka mendekati lebaran akan sangat terbantu dalam memperoleh beras. Pihaknya, setiap kali mendapatkan raskin tidak pernah dijualnya dan selalu dinikmati bersama dengan anggota keluarganya. (WID)

Editor          : Muza
Laporan      : Budi Widjayanto

Iklan