Iklan

Iklan

,

Iklan

PDAM Masih Kekurangan Pasokan Air

Redaksi
Minggu, 22 Juni 2014, 17:57 WIB Last Updated 2014-06-24T11:15:24Z


Samino, Direktur PDAM Kota Salatiga.
SALATIGA Harian7.com, Pasokan air bersih untuk masyarakat Kota Salatiga hingga kini dinilainya masih kurang. Pasalnya dari kebutuhan sebanyak 344 liter debit air/detik, sampai sekarang baru terpenuhi 318 liter/detik. Sehingga masih dibutuhkan pasokan setidaknya 26 liter/detik. Dengan demikian, ke depan masih harus dilakukan penambahan instalasi pengolahan air baru. Tahun 2016 mendatang, diprediksi kekurangan air bersih di Kota Salatiga mencapai 155 liter/detik. Demikian diungkapkan Direktur PDAM Kota Salatiga Samino kepada wartawan, Sabtu (21/6).
   
   “Selama ini, PDAM masih mengandalkan pasokan air dari lima sumber air yang berada di Senjoyo (Tengaran, Kabupaten Semarang), Kalitaman, Kaligetek, Kalisombo dan Kaligojek. Juga dari pasokan delapan sumur artetis yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Salatiga. Untuk pasokan dari sumber tersebut selama ini dinilainya masih sangat kurang,” terang Samino.
      Ditambahkan, pasokan yang baru diharapkan dari pembangunan  instalasi baru yang memanfaatkan pasokan dari Sungai Tuntang, Kabupaten Semarang. Sampai sekarang ini, masih dalam proses detail engineering design (DED). Yang menangani proyek ini adalah Pemprov Jateng dengan anggaran dari pemerintah pusat. Proyek tersebut bernama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Semarsalat (Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga). (WID)




Iklan