Iklan

Iklan

,

Iklan

Pasar Rejosari ‘Baru’ Siap Tampung 200 Tenaga Kerja

Redaksi
Rabu, 18 Juni 2014, 21:46 WIB Last Updated 2014-06-18T14:46:21Z

SALATIGAHarian7.com, PT Patra Berkah Itqoni (PBI) selaku investor pembangunan Pasar Rejosari Salatiga, menyatakan jika pembangunannya telah selesai dan siap difungsikan maka siap menampung 200 tenaga kerja lokal dan diprioritaskan warga Kota Salatiga. Hal ini sebagai wujud nyata mendukung peningkatan kesejahteraan warga sekitar lokasi Pasar Rejosari. Pembangunan yang segera dimulai setelah lengkapnya Perjanjian Kerja Sama (PKS) dari Pemkot Salatiga. Demikian diungkapkan Ery Inriyanto, Project Director PT PBI di Salatiga, Rabu (18/6).

          “Jika Pasar Rejosari selesai dibangun dan difungsikan, kami siap memprioritaskan tenaga kerja lokal khususnya dari Salatiga untuk bekerja mengelola dan memanajemen satu-satunya Pasar Modern di Salatiga ini. Tentunya, tenaga lokal itu bekerja sesuai dengan keahliannya. Paling tidak akan menyerap kurang lebih 200 tenaga kerja dan 80%-nya siap diambilkan dari Kota Salatiga,” terang Erry.
 Ditambahkan, sekarang ini dengan keberadaan adanya kantor sementara PT PBI di Salatiga, telah memperkerjakan tenaga kerja Salatiga dan upah yang diberikan sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK). Dengan beroperasionalnya kembali pasar yang lebih terkenal dengan sebutan Pasar Sapi ini, maka akan dapat mengurangi pengangguran di Kota Salatiga khususnya. Rencananya, pembangunan akan dimulai usai lebaran tahun 2014 ini dan akan selesai seluruhnya dalam waktu maksimal satu tahun. Selain itu, selaku investor juga siap memberikan setoran ke kas daerah sebagai pendapatan asli daerah (PAD) dari Pasar Rejosari itu sebesar Rp 300 Juta setiap tahunnya. Dan, investasi untuk membangun Pasar Rejosari tersebut telah disiapkan sebesar Rp 58 miliar.
Sementara, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kota Salatiga, Sri Danudjo mengatakan, terkait dengan syarat administrasi dalam perjanjian kerja sama (PKS) telah memenuhi syarat dan bisa dilanjutkan dengan proses pembangunan Pasar Rejosari Salatiga.
“Setelah nomor PKS turun dan kini telah kami terima, PT PBI sebagai investor dapat secepatnya memulai pembangunannya. Sebelum memulai pembangunan, komplek pasar tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu dan sekarang ini dalam proses relokasi pedagang. Pembangunan kembali pasar yang pernah terbakar tersebut akan selesai seluruhnya dalam waktu satu tahun,” tandas Danudjo. (WID)

Editor      : Muza
Laporan  : Budi Widjayanto

Iklan