Iklan

Iklan

,

Iklan

Walikota Bina Pejabat Struktural Kecamatan dan Kelurahan

Redaksi
Senin, 19 Mei 2014, 23:22 WIB Last Updated 2014-05-19T16:22:20Z
SALATIGA – Harian7.com, Ratusan pejabat struktural dari kelurahan dan kecamatan se Kota Salatiga mengikuti pembinaan yang dilakukan langsung oleh Walikota Salatiga Yuliyanto, di Ruang Sidang II Pemkot Salatiga, Senin (19/5). Dihadapan para pejabat tersebut, Walikota menyampaikan bahwa kecamatan adalah garda terdepan dari pemerintah daerah, untuk itu kecamatan harus mampu memberikan prinsip dasar pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan masyarakat. Dari sini, pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

          Dengan demikian Pemkot Salatiga merasa perlu mengintegrasikan pelimpahan sebagian kewenangan Walikota kepada Camat untuk melaksanakan urusan pemerintah daerah melalui Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (SPTSP). Hal ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, karena kecamatan adalah ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
         “Karena kecamatan merupakan ujung tombak pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyaralat, maka diperlukan adanya pendekatan pelayanan yang benar-benar menyentuh langsung masyarakat. Sehingga, masyarakat akan merasa puas dengan pelayanan publik yang diterimanya,” ujar Yuliyanto.
         Dikatakan, bahwa pelimpahan tersebut selaras dengan amanat Permendagri No 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Sistem ini membawa konsekuensi pada  pelimpahan pelayanan administrasi kependudukan dan perizinan usaha. Yang awalnya, bertumpu kepada kepala seksi, menjadi pada loket atau meja khusus pelayanan yang akuntabel dan transparan. Sehingga pelayanan dapat dilakukan secara cepat dan mudah karena prosedur dan biayanya jelas dan tepat waktu.
         Sementara, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Pemkot Salatiga, Sulistya mengatakan, bahwa acara pembinaan ini diikuti 108 orang, dengan rincian 4 orang Camat, 22 orang Lurah, 16 orang pejabat struktural kecamatan dan 66 orang pejabat struktural kelurahan. Harapannya, para pejabat struktural di kecamatan dan kelurahan mampu memahami dan selanjutnya mengaktualisasikan hasil pembinaan guna singkronisasi dan sinergitas penyelenggaraan pemerintahan daerah wilayahnya masing-masing.
        “Kegiatan ini digelar tujuannya, salahsatunya dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan dan pemberdayaan masyarakat oleh aparatur pemerintahan di tingkat kecamatan maupun kelurahan. Acara dilaksanakan selama 3 hari, 19 - 21 Mei 2014. Nara sumber yang dihadirkan, Asisten Pemerintahan Sekda Kota Salatiga Y Tri Priyo Nugroho, Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM)  Bustanul Arifin dan saya sendiri,” tandas Sulistya, yang juga mantan Sekretaris KPU Kota Salatiga. (WID)

Editor        : Muza
Laporan    : Budi Widjayanto

Iklan