Iklan

Iklan

,

Iklan

Telah Berlangsung Bertahun-tahun Eks Terminal Soka Jadi ‘TPA Bayangan’

Redaksi
Rabu, 21 Mei 2014, 15:37 WIB Last Updated 2014-05-21T08:38:07Z
SALATIGA Harian7.com, Lahan eks terminal Soka, Blotongan, Salatiga sejak beberapa tahun lalu telah menjadi tempat pembuangan sampah akhir (TPA) ‘bayangan’. Akibatnya, lahan tersebut menyebarkan bau apek yang menyengat hidung dan ini dikeluhkan warga sekitar. Bahkan, semakin hari pembuangan sampah di lokasi tersebut semakin bebas hingga sampahnya  menumpuk. Namun, oleh dinas terkait yaitu Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cipkataru) sepertinya sengaja dibiarkan.

          H Maryoto (62), warga Soka, Blotongan mengaku, dirinya lama-kelaman merasa jijik dengan adanya pembuangan sampah di lahan eks terminal tersebut. Tetapi, pihaknya tidak dapat berbuat banyak dan hanya bisa berharap dinas terkait segera menutup TPA Bayangan itu. Karena selain mengeluarkan bau tidak sedap juga membuat pemandangan tidak nyaman. Para pembuang sampah, bukan hanya waerga Soka saja namun banyak pula dari luar Soka yang sengaja membuang sampah di lahan tersebut.
          “Warga sebenarnya telah lama mengeluhkan bau yang keluar dari TPA Bayangan itu, serta telah mengadu ke Dinas Cipkataru namun hingga kini belum ada tindakan nyata yang dilakukannya. Jika tetap dibiarkan sebagai tempat pembuangan sampah yang liar maka semakin hari akan menumpuk. Harusnya, Dinas Cipkataru yang didalamnya mengurusi persampahan peka dan tanggap akan tempat pembuangan sampah liar ini. Anehnya lagi, mengapa dinas tersebut hanya membiarkannya saja dan tidak ada tindakan nyata demi keindahan lingkungan,” katanya.
          Ditambahkan, harusnya Dinas Cipkataru setelah mengetahui lahan itu untuk TPA bayangan, dapat memasang tanda larangan. Sehingga, tidak akan dijadikan lahan empuk pembuangan sampah. Namun, hal itu tidak pernah dilakukan dan justru sepertinya sengaja dibiarkan untuk dijadikan TPA Bayangan.
          “Beberapa bulan lalu, pernah ada aksi kerja bhakti massal baik yang dilakukan para PNS Pemkot Salatiga maupun dari berbagai elemen masyarakat, itu pun hanya berlangsung sekejap. Usai kerja bhakti dan sampah-sampah nampak bersih, esoknya sudah muncul sampah baru di lahan tersebut. Harusnya, Dinas Cipkataru lebih tegas lagi dalam menyikapi ‘TPA Bayangan’ ini. Jika dibiarkan, sampah tersebut akan semakin menumpuk/menggunung dan yang dirugikan adalah warga Soka dan sekitarnya. Percuma saja, didengungkan agar warga membuang sampah pada tempatnya, namun ‘TPA Bayangan’ tersebut tetap dibiarkan menjadi lahan empuk untuk pembuangan sampah dengan bebasnya,” tandas pensiunan PNS.
          Sementara, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cipkataru) Susanto menyatakan, bahwa dengan munculnya ‘TPA Bayangan’ di lahan eks terminal Soka tersebut, pihaknya akan segera memerintahkan kepada bidang yang mengurusinya untuk menindaklanjuti. Salah satunya, dengan memasang tanda larangan membuang sampah di lahan tersebut. Didesak langkah nyata apa yang akan dilakukan Dinas Cipkataru, Susanto enggan menyebutkan secara jelas.
          “Secepatnya, kami akan perintahkan kepada bidang yang menangani sampah untuk menyikapi pembuangan sampah secara liar di lahan eks terminal Soka tersebut. Bahkan, kami juga telah berkali-kali menerima pengaduan masyarakat terkait dengan munculnya ‘TPA Bayangan’ di lahan tersebut. Karena dari sampah-sampah itu akhirnya memunculkan bau tidak sedap dan membuat kotor lingkungan Soka. Sekali lagi, secepatnya lahan tersebut akan kita bersihkan,” tandas Susanto. (WID)

Editor     : Muza
Laporan : Budi Widjayanto

Iklan