Iklan

Iklan

,

Iklan

Menuju Pembangunan Pasar Rejosari,TPPS 1 Telah Ditempati Pedagang Los

Redaksi
Selasa, 22 April 2014, 17:59 WIB Last Updated 2014-04-22T10:59:28Z

SALATIGAHarian7.com, Dengan telah siapnya tempat penampungan pedagang sementara (TPPS) I di komplek Pasar 'Sapi' Rejosari Salatiga, akhirnya tempat tersebut benar-benar telah ditempati para pedagang, mulai Senin (21/4) kemarin. Jumlah los di TPPS 1 tersebut sebanyak 90 los dan untuk kios sebanyak 37 kios. Pemindahan para pedagang ini, semuanya demi lancarnya proses pembangunan Pasar Rejosari yang akan dilaksanakan oleh investor PT Patra Berkah Itqonio (PBI) Jakarta.
Project Director PT PBI di Salatiga, Ery Inriyanto mengatakan, bahwa hingga sekarang ini, semua pedagang los sudah masuk ke dalam TPPS 1, dan tidak lama lagi pembangunan TPPS 2 akan dimulai. TPPS 2 rencananya untuk memindahkan para pedagang kios. Bahkan, bangunan TPPS 2 tetap sama seperti TPPS 1 dengan ukuran 44 m X 15 m. Hingga kini yang tercatat, jumlah pedagang kios yang siap untuk dipindahkan sebanyak 69 pedagang dan dari ruko sebanyak 33. Namun, pemindahan tersebut masih harus menunggu pembangunan TPPS 2 selesai.

“Khususnya untuk TPPS 2 mendatang, akan digunakan untuk memindahkan para pedagang kios yang jumlahnya ada 69 pedagang dan ruko sebanyak 33 pedagang. Jika, kedua TPPS tersebut telah semuanya ditempati para pedagang, maka komplek Pasar Rejosari itu akan dikosongkan selanjutnya dilakukan pembongkaran oleh Pemkot Salatiga,” terang Ery, di kantor PT PBI Salatiga, Selasa (22/4).
Ditambahkan, Pasar Rejosari tersebut luasnya mencapai 9.800 meter persegi dan bangunan baru pasar tersebut akan dibangun dengan dua lantai. Untuk lantai paling atas akan difungsikan sebagai pusat jajan serba ada (Pujasera). Sedangkan investasi yang ditanamkan PT PBI sebesar Rp 50 miliar. Selain itu, fasilitas yang ada di dalam pasar tersebut akan lebih lengkap seperti lahan parkir luas, mushola, eskalator maupun lift.
Sementara, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kota Salatiga, Sri Danudjo mengatakan, bahwa dengan telah dilakukannya relokasi pedagang ke TPPS 1 tersebut, maka akan segera dilakukan pembangunan TPPS 2. Jika kedua TPPS telah ditempati para pedagang, maka pembangunan Pasar Rejosari akan segera dimulai.
“Jika pedagang tidak segera pindah ke TPPS 1, maka pendapatan mereka akan selalu menurun. Pasalnya, kondisi kios-kios yang ada sudah tidak layak untuk berjualan. Bahkan, diasan-sini dalam keadaan rusak maupun jika hujan bocor, begitu juga kondisi di dalam pasar sangat becek dan kumuh. Dengan menempati TPPS 1 tersebut, harapannya pendapatan pedagang akan mengalami pemulihan atau ada peningkatan dan konsumen akan kembali berbelanja,” terang mantan Kepala Badan Kesbangpol Kota Salatiga, kemarin. (WID)

Editor     :  Muza
Laporan :  Budi Widjayanto

Iklan