Iklan

Iklan

,

Iklan

Gedung Baru Kelurahan Salatiga Mangkrak

Redaksi
Selasa, 29 April 2014, 18:34 WIB Last Updated 2014-04-29T11:34:40Z
SALATIGA Harian7.com, Bangunan gedung baru untuk Kantor Kelurahan Salatiga yang berada di kampung Domas, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Salatiga sejak beberapa tahun ini hanya dibiarkan mangkrak. Kini, gedung yang dibangun dengan dana APBD Kota Salatiga itu, lingkungannya kotor serta banyak ditumbuhi rerumputan yang mulai meninggi. Dengan kata lain, kondisinya sangat memprihatinkan. Selain itu, pintu, jendela maupun kaca-kacanya banyak yang rusak dan pecah juga temboknya menjadi ajang corat-coret tangan jahil. Begitu pula untuk Balai kelurahan yang lokasinya berada disebelahnya kondisinya juga sama.

Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Salatiga, Saeful Fanani menyatakan bahwa pihaknya sangat menyanyangkan akan mangkraknya gedung baru untuk kantor Kelurahan Salatiga itu. Gedung ini dibangun harusnya untuk mengganti gedung kantor yang lama di Jalan Pramuka, Krajan, Salatiga yang kondisi bangunannya sudah tidak layak untuk perkantoran.
Karena lokasi gedung baru itu tidak strategis menurut penilaian masyarakat, akhirnya pemindahan kantor Kelurahan Salatiga ini ditolak warga. Hingga kini tetap saja menempati gedung lama yang ‘umpek-umpekan’ karena berada di komplek perkampungan warga padat penduduk. Lokasi gedung baru ini dari Jalan Patimura masuk arah Yayasan Percik dan kini banyak ditumbuhi rerumputan dan ilalang disekitarnya.
“Harusnya, penolakan warga itu ada solusinya, namun sampai sekarang justru Pemkot Salatiga hanya membiarkan saja. Bahkan, gedung tersebut menambah jumlah bangunan mangkrak milik Pemkot Salatiga. Sebetulnya, gedung itu dapat dimanfaatkan untuk gedung kantor yang lainnya. Jika tetap saja dibiarkan, cepat atau lambat semakin rusak parah,” ujar Saeful.
Menurutnya, yang kini mangkrak bukan hanya gedung kantor Kelurahan Salatiga yang baru, namun untuk balai kelurahan pun juga mengalami hal yang sama. Harusnya, untuk balai kelurahan tersebut dapat difungsikan untuk berbagai kegiatan yang lain seperti bulutangkis atau lainnya. Bahkan, dapat pula disewakan untuk gedung pertemuan atau apa yang dapat menghasilkan pendapatan.
Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Salatiga, HM Fathur Rahman menyatakan, dengan mangkraknya gedung baru untuk Kelurahan Salatiga tersebut merupakan bukti kurang matangnya perencanaan pembangunan. Hal ini harusnya tidak terjadi, harapannya jangan sampai terulang kembali kejadian ini di masa mendatang.
“Saya mengusulkan, agar gedung tersebut dapat difungsikan untuk kantor SKPD yang kurang representatif atau dimanfaatkan untuk kegiatan pemerintah dan masyarakat. Jangan sampai semakin lama mangkrak, akan roboh dengan sendirinya,” tandas politisi PKS, kemarin. (WID)


Editor         :  Muza

Laporan     :  Budi Widjayanto

Iklan