Iklan

Iklan

,

Iklan

Antisipasi Penuhnya TPA Ngronggo Intensifkan Pemanfaatan Bank Sampah

Redaksi
Selasa, 29 April 2014, 18:28 WIB Last Updated 2014-04-29T11:28:32Z
SALATIGA Harian7.com, Untuk mengurangi tingkat penimbunan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Salatiga, akan dilakukan salah satunya dengan mengoptimalkan pembentukan kelompok warga di masyarakat untuk mengelola sampah. Pengelompokan itu salah satu tujuannya dengan membentuk bank sampah. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cipkataru) Kota Salatiga, Susanto.
Hingga kini, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar berupaya membantu mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) antara 15 hingga 20 persen setiap harinya. Bahkan, langkah yang dilakukannya dengan menggelar bimbingan teknis (bintek) terkait pengelolaan sampah khususnya sampah anorganik.
“Kami secara khusus mengundang perwakilan PKK, kelurahan maupun kelompok-kelompok masyarakat di Kota Salatiga untuk mengikuti bimbingan telnis pengelolaan sampah khususnya sampah anorganik. Bahkan, disosialisasikan pula mengenai bank sampah.Harapannya, melalui kegiatan bintek akan semakin banyak warga masyarakat yang tertarik mendaur ulang sampah anorganik menjadi barang yang bernilai ekonomis,” jelas mantan Camat Tingkir.
Dengan melakukan daur ulang sampah tersebut, merupakan salah satu upaya mengurangi produksi sampah. Untuk itu, proses daur ulang sampah memang menjadi fokus perhatian Dinas Cipkataru sekarang ini. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika di waktu mendatang pihaknya juga menggencarkan kegiatan komposting, yakni pemanfaatan sampah organik menjadi pupuk kompos.
Ditambahkan, bahwa produksi sampah sekarang ini mencapai 90 ton per hari. Dari jumlah sebanyak itu, rumah tangga merupakan  pemasok atau penyumbang sampah terbesar di Salatiga ini. Apabila tidak ada usaha mengurangi penimbunan sampah ke TPA, maka tidak kurang dari tiga tahun, TPA Ngronggo akan menjadi penuh sampah. Bahkan, yang terburuk tidak akan dapat menampungnya lagi.
“Kami prediksikan dalam waktu hingga tiga tahun lagi, TPA Ngronggo akan penuh sampah dan lokasi tersebut tidak akan dapat menampungnya. Jika sudah overload, maka secara otomatis akan ditutup. Untuk itu, mulai sekarang ini bagaimana kita berupaya dalam mengurangi pembuangan sampah ke TPA dalam setiap harinya,” tandas mantan Kepala Disdikpora Salatiga. (WID)


Editor      :  Damar Raditya
Laporan  :  Budi Widjayanto

Iklan