• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Tanggulangi Serangan Hama, KT Mekar Sari Buat Pestisida Nabati Berbahan Baku Alami

    REDAKSI
    Jumat, 29 Januari 2021, 5:43:00 AM WIB Last Updated 2021-01-28T22:43:47Z
    KT Mekar Sari saat membuat pestisida nabati.(Foto: Wahono/harian7.com)


    Laporan: Wahono | Kontributor Temanggung


    TEMANGGUNG,harian7.com - Menanggulangi dan mengantisipasi adanya serangan hama yang menyerang tanaman, Kelompok Tani Mekar Sari membuat pestisida nabati. Hal tersebut disampaikan saat penyuluhan pertanian lapangan (PPL) sekaligus acara selapanan Desa di kediaman Kepala Dusun Kalipucung, Desa Kramat, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Kamis (28/1/2021).


    Muhammad Ikaf Husnihuda selaku petugas penyuluhan pertanian lapangan( PPL) Desa Kramat menjelaskan, bahwa Pestisida Nabati di buat dengan bahan dasar daun suren, daun nimba, daun mindi, buah maja, gadung, serai,brotowali lengkuas,pace dan bahan alami lainnya serta menggunakan alkohol.


    "Fungsinya sebagai penghambat penguraian mikroba atau bakteri. Proses pembuatannya sendiri hanya ditumbuk,dicampur dan direndam selama enam jam. Kenapa harus enam jam, tujuanya yaitu mengurai zat-zat menjadi racun hama tanaman,"terangnya.


    Selama ini banyak petani yang menggunakan pestisida kimia,pengguna sporadis dengan tidak melihat dampaknya. "Maka berbeda jika menggunakan pestisida nabati akan tepat sasaran dan mengurangi residu selain itu juga penghematan,"jelasnya.


    Sementara, Istanto  Kepala Dusun Kalipucung mengatakan,"Hari ini kegiatan selapanan diisi kegiatan membuat pestisida nabati,diikuti oleh anggota kelompok tani dan dihadiri oleh petugas PPL desa."


    "Sebelumnya kami membuat pupuk organik hayati,kegiatan semacam ini sangat bermanfaat dan akan kami terapkan pada pertanian kami,"pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +