Iklan

Iklan

,

Iklan

Satlinmas Harus Netral, Tidak Boleh Berpihak Kepada Siapapun

Redaksi
Minggu, 14 April 2019, 23:29 WIB Last Updated 2019-04-14T16:29:59Z
SALATIGA, harian7.com – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ini harus proaktif, bisa mendeteksi, memperkuat komunikasi dan soliditas dalam menemukan potensi kerawanan selama pelaksanaan Pemilu bahkan harus netral. Dalam artian, tidak boleh berpihak manapun namun tetap dapat menggunakan hak pilihnya. Demikian ditegaskan Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM, saat memimpin apel luar biasa Gelar Pasukan Satlinmas Kota Salatiga dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2019, di Halaman Kantor Pemkot Kota Salatiga, Sabtu (13/4) kemarin.

“Satlinmas ini harus menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini, apalagi sekarang ini banyak hoax dan hate speech yang bisa berpotensi menimbulkan konflik dan merusak pelaksanaan Pemilu 2019.  Netral disini dalam arti bukan tidak memilih namun tidak boleh berpihak kepada siapapun,” jelas Yuliyanto.

Ditambahkan, Satlinmas juga harus bisa menghadapi tantangan itu dengan mencegah hal-hal rawan dan menjadi problem solver yang tidak berat sebelah dan tetap mengedepankan musyawarah mufakat dalam penyelesaiaannya. Dalam Pemilu 2019 ini, Kota Salatiga ada 614 TPS dan Linmas yang bertugas ada sebanyak 1.417 orang.

Dalam apel luar biasa ini juga dilaunching “Siap Siaga” (Satuan Tindak Cepat Penertiban Salatiga). Tugasnya, untuk melakukan reaksi cepat terhadap aduan masyarakat selama pelaksanaan Pemilu 2019. Harapannya, dapat dikerjakan dengan cepat, sigap dan tepat sasaran.

Dalam apel ini, Walikota Salatiga didampingi Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris SS MSi menyempatkan mengecek pasukan Siap Siaga, yang terdiri dari Satpol PP, Dishub, dan Pemadam Kebakaran. (Heru Santoso)

Iklan