Iklan

Iklan

,

Iklan

Bikin Resah, ODGJ Diamankan Polisi, Begini Jelasnya

Redaksi
Rabu, 03 April 2024, 01:42 WIB Last Updated 2024-04-02T18:42:39Z


Laporan: Wahyudin


PURBALINGGA | HARIAN7.COM - Polsek Purbalingga memberikan bantuan penting dalam mengamankan seorang perempuan yang merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) pada Selasa (2/4/2024). 


ODGJ tersebut sebelumnya dilaporkan telah membuat kekhawatiran di kalangan warga di wilayah Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga.


Kapolsek PurbaIingga, AKP Setiadi, menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan dari tenaga sosial di Kecamatan Purbalingga tentang seorang perempuan ODGJ yang menyebabkan kekhawatiran di masyarakat dan menjadi viral di media sosial. Sebagai respons, Polsek Purbalingga turut serta dalam proses evakuasi ODGJ tersebut.


Dari informasi yang didapat, perempuan ODGJ ini memiliki ciri-ciri khas, di antaranya wajahnya dilumuri dengan tepung sehingga terlihat putih. Ia sering berkeliling dengan berjalan kaki dan sering meminta uang dari warga. Selain itu, beberapa kali ia juga tertangkap mengambil jemuran bahkan masuk ke dalam rumah warga.


"Setelah melakukan pencarian, kami berhasil menemukan ODGJ tersebut di sebuah warung bakso di wilayah Kelurahan Mewek, Kecamatan Kalimanah," ungkap Kapolsek.


Setelah ditemukan, perempuan ODGJ tersebut dievakuasi dan dibawa ke Rumah Singgah Perlindungan Sosial. Rumah singgah ini merupakan milik Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purbalingga.


Berdasarkan data yang diperoleh, perempuan tersebut berinisial WY (42) dan berasal dari Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Setelah berkoordinasi dengan instansi terkait di Kabupaten Pemalang, keluarga ODGJ tersebut akan menjemputnya untuk menjalani pengobatan.


"Pasca penjemputan ODGJ ke rumah singgah, kemudian pihak keluarganya dari Pemalang datang menjemput untuk melakukan pengobatan," tambah kapolsek.


Hani, tenaga sosial dari Kecamatan PurbaIingga, menyampaikan rasa terima kasih atas respons cepat yang diberikan oleh Polsek Purbalingga terhadap laporan tersebut. Dengan bantuan dari pihak kepolisian, ODGJ yang meresahkan warga dapat diamankan dan dievakuasi ke tempat yang lebih aman.


"Kami berterima kasih atas bantuan Polsek Purbalingga sehingga ODGJ yang meresahkan warga dapat dievakuasi dan diamankan untuk kemudian diserahkan kepada pihak keluarganya," ucapnya.(*)

Iklan