Iklan

Iklan

,

Iklan

Sidang Sengketa Pilpres, Inilah Bocoran Saksi Ahli Ganjar - Anis

Redaksi
Jumat, 29 Maret 2024, 04:09 WIB Last Updated 2024-03-28T21:09:58Z
Istimewa.

Editor: Shodiq


JAKARTA | HARIAN7.COM - Todung Mulya Lubis, yang merupakan bagian dari tim hukum Ganjar-Mahfud, enggan untuk mengungkap daftar lengkap saksi yang akan dihadirkan dalam persidangan pemeriksaan saksi dan ahli yang dijadwalkan pada Senin, 1 April 2024. Meskipun begitu, Todung membeberkan beberapa pakar yang akan dihadirkan tanpa menyebutkan nama-nama ahli secara spesifik.


"Kami punya banyak ahli yang akan kami ajukan, saya bisa bocorkan jumlahnya, ada delapan ahli," kata Todung kepada wartawan di Gedung Mahkamah Konstitusi pada Kamis, (28/3/2024).


Delapan ahli tersebut meliputi ahli tata negara, psikologi politik, sosiologi politik, komunikasi politik, ekonomi, dan pakar ekonomi pertanian. Todung juga menyebutkan adanya ahli yang memiliki pengetahuan mengenai bantuan sosial (bansos) dan ahli IT.


Terkait kehadiran Kapolda yang sebelumnya disebutkan, Todung belum dapat memastikannya. Namun, ia menyatakan bahwa kehadiran Menteri Keuangan dan Menteri Sosial adalah yang paling penting dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi.


Tim Hukum Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) juga telah mempersiapkan saksi fakta dan ahli untuk persidangan tersebut. Meskipun belum mengungkapkan secara spesifik siapa sosoknya, tim hukum tersebut menyebutkan bahwa salah satu ahli yang dihadirkan akan menjelaskan mengenai politik anggaran dan menguraikan dugaan kecurangan pemilu terkait penggunaan politik anggaran.


"Ahli yang dihadirkan mencakup aspek penyelenggaraan pemilu, hukum administrasi, IT, politik anggaran, dan pidana pemilu," ujar Tim Hukum AMIN usai persidangan pada Kamis.(Im/red)

Iklan