Iklan

Iklan

,

Iklan

Viral, Aksi Polisi Temani Siswa MI Tertidur Nyenyak Dipinggir Jalan Tuai Pujian Warganet Hingga Diganjar Penghargaan

Redaksi
Rabu, 24 Mei 2023, 04:07 WIB Last Updated 2023-05-23T21:07:46Z
Aiptu Joko saat menemani pelajar yang tertidur nyenyat dipinggir jalan.


Laporan: Muhamad Nuraeni


SALATIGA | HARIAN7.COM  - Aiptu Joko Nurwasito SH,  Banit Lantas Polsek Tengaran Polres Semarang menjadi perhatian dan perbincangan warganet atas tindakanya menemani seorang pelajar yang tertidur di pinggir jalan, Rabu (17/5/2023) sekira pukul 11.00 wib pekan lalu.


Aiptu joko rela menemani pelajar bernama  Isna Daimatusita seroang siswi dari MI NU Siti Hajar Tengaran, warga dusun  Banjarjo kelurahan Kali Gentong Ampel kabupaten Boyolali.


Waktu itu Isna tertidur pulas saat menunggu tengah menunggu Prona (angkutan umum) untuk pulang kerumahnya. Bahkan Aiptu Joko pun rela menemani anak tersebut selama satu jam hingga mendapat bus angkutan umum.


 Aiptu  Joko saat ditemui wartawan, Selesa (23/5/2023) bercerita soal pengalamannya saat menemani Isna, hingga belakangan viral di jagat maya.

 

"Saat itu saya sedang patroli di wilayah Sruwen, kemudian saat akan pulang ke Mapolsek Tengaran, melihat ada anak sekolah tidur bersender di pohon,"ungkap Aiptu Joko.

 

Melihat ada anak yang tertidur Joko langsung memutar balik sepeda motornya dan menghampirinya.


"Pikiran saya, anak tersebut korban kejahatan atau sakit. Saat saya bangunkan dia kaget, ternyata kecapekan menunggu angkutan umum yang sudah lama tak lewat," jelas Polisi peraih penghargaan Ganjal Emas dari Kapolda Jateng tahun 2018 ini.


"Dia rumahnya di Kaligentong Kecamatan Ampel Boyolali, jaraknya sekira lima kilometer, setiap hari bangun pagi, sendirian naik angkutan. Mungkin di sekolah kecapekan, jadi saat pulang sudah mengantuk karena cuaca panas," kata Joko.


Saat ditemani, menurut Joko, Isna merasa malu. "Ya mungkin tidak biasa ngobrol dengan polisi. Apalagi bus yang ditunggu sangat lama, hampir satu jam. Karena itu, saya sarankan untuk naik angkutan prona, saya beri tambahan uang saku untuk beli minum agar tidak haus juga," ucap Polisi  berusia 44 tahun ini. 

 

Sementara Kapolsek Tengaran AKP Supeno mengungkapkan tindak Aiptu Joko adalah bentuk polisi yang humanis. 


"Polisi saat ini memang mengutamakan pelayanan prioritas, kami siap membantu masyarakat yang kesulitan. Ini juga merupakan tindak lanjut atensi pimpinan agar Polri selalu hadir di tengah masyarakat," paparnya. 


Supeno mengungkapkan bahwa anggota Polsek Tengaran akan selalu mendekatkan diri dengan masyarakat.

 

"Selain Jumat Curhat, kita juga rutin sambang ke pabrik, pondok pesantren, dan ke warga-warga. Kita sentuh lapisan terbawah masyarakat," ujarnya.


Aksi humanis yang  Joko lakukan selain  menuai pujian dari warganet, ia juga diganjar piagam penghargaan dari Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra atas prestasinya dalam mewujudkan nilai nilai utama Bhayangkara yang bisa diandalkan.(*)

Iklan