Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkot Semarang Sediakan Bilik Uji Swab Covid-19

Redaksi
Rabu, 10 Juni 2020, 20:51 WIB Last Updated 2020-06-10T13:52:03Z

Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat mengecek bilik uji swab

SEMARANG, harian7.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus melakukan berbagai inovasi dalam memutus mata rantai persebaran Covid-19. Salah satunya bekerjasama dengan RSUD KRMT Wongsonegoro menyediakan bilik uji swab atau yang disebut Covid Swab Booth. 

Wali kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan keberadaan swab booth ini akan sangat membantu petugas medis untuk lebih aman saat memeriksa banyak orang di tempat terbuka. 

"Dengan adanya bilik tes swab seperti ini harapannya mampu meningkatkan efisiensi pengujian, kenyamanan serta keamanan petugas juga pasien. karena menggunakan bilik seperti ini dapat menghemat waktu pengambilan sample dan serta mengurangi limbah medis," ujarnya, Rabu (10/6).

Menurutnya Inovasi dalam pelayanan test COVID-19 tersebut dianggap penting sebab dengan masifnya test secara massal yang dilakukan di Kota Semarang kebutuhan APD diagnosis COVID-19 pun juga meningkat.

"Semoga dapat berfungsi secara maksimal dan ke depannya akan banyak tersedia Covid Swab Booth seperti ini di kota Semarang sehingga kita dapat dengan cepat memetakan persebaran virus Covid-19 ini,"tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD KRMT Wongsonegoro, dr. Susi Herawati optimis jika adanya swab booth tersebut mampu meningkatkan penanganan COVID-19 menjadi lebih baik. 

"Penyedia perawatan kesehatan tidak memerlukan peralatan pelindung pribadi karena mereka berdiri di dalam bilik dan mengambil sampel dari pasien yang menggunakan sarung tangan yang menonjol keluar,"ujar Susi.

Iklan