• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Adv

    Pemkab Semarang Mulai Berlakukan New Normal Dengan Melaksanakan Work From Office

    Senin, 08 Juni 2020, 8:49:00 PM WIB Last Updated 2020-06-08T13:49:48Z
    Sekda Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono.
    Penulis: Arie Budi - Kontributor Ungaran

    UNGARAN,harian7.com - Pemerintah Kabupaten Semarang mulai memberlakukan new normal dengan melaksanakan Work From Office ke seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Semarang. Meski begitu protokol kesehatan tetap diterapkan untuk mencegah penularan wabah corona.

    Sekda Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono menerangkan, Tahap awal berdasar Permenkes dan Permendagri diawali melakukan penerapan New Normal di lingkungan Pemkab Semarang.


    "Semua OPD termasuk di kecamatan bisa bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan,"katanya saat di temui wartawan di ruang kerja, Senin (8/6/2020).



    Menurutnya hal tersebut ditujukan agar seluruh ASN di Pemkab Semarang dapat lebih meningkatkan produktivitas kerjanya. Ia menjelaskan, Pemkab Semarang telah menerapkan work from office atau bekerja di kantor mulai Jumat (5/6/2020) kemarin.

    "Kita terapkan kepada semua dinas untuk melaksanakan work from office," kata Sekda Kab Semarang.

    Sedangkan protokol kesehatan bagi ASN tersebut di antaranya menggunakan masker, cuci tangan, pemeriksaan suhu, hingga praktik social distancing.

    "Simulasi dilakukan sebelum praktik work from office diterapkan di lingkungan kantornya masing-masing," ucapnya.

    Meski begitu ia menjelaskan untuk ASN yang sakit, atau hamil bisa tetap meminta bekerja dari rumah. Kerja mereka diawasi dengan sistem online dan melaporkan ke pimpinan masing-masing.

    Sekda Kabupaten Semarang menambahkan, untuk dinas yang sebelumnya sudah melakukan pekerjaan secara online agar tetap melakukan pelayanan online.

    "Misal perizinan Disdukcapil Kabupaten Semarang kalau bisa diterapkan secara online kita lakukan online."

    "Tentunya bagi yang membutuhkan datang langsung kami secara bertahap akan membuka dengan protokol kesehatan," jelasnya.

    Sementara, Sekda Kab Semarang, Gunawan Wibisono menambahkan, " Pemkab Semarang saat ini masih mengkaji penerapan work from office bagi pekerja swasta di Kabupaten Semarang".

    "Tentunya masih kami kaji sebab hal itu harus sesuai dengan protokol kesehatan yang optimal," ujarnya.

    "Kami juga sedang melakukan simulasi beberapa obyek wisata di Kabupaten Semarang baik yang dikelola Pemkab maupun swasta. Simulasi itu terkait protokol kesehatan untuk pengunjung maupun pekerja jika mulai dibuka".

    "Artinya sarana prasarana dan lain-lain bila dimungkinkan kita coba buka secara bertahap. Misal Lapangan Bung Karno Kabupaten Semarang serta Bukit Cinta."

    "Masing-masing pariwisata perlakukannya sendiri-sendiri karena kondisinya beda," papar Sekda.


    Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Semarang Partono, mengungkapkan, Semua OPD di lingkungan Pemkab Semarang sudah mendapatkan surat edaran dari Bupati Semarang terkait bekerja di kantor sejak tanggal 5 Juni 2020 kemarin.

    "Untuk ASN masuk dengan protokol kesehatan dari 07.30 Wib sampai 15.30 Wib."


    "Yang sakit kemudian hamil, nanti oleh atasan OPD masing-masing diizinkan bekerja dari rumah," pungkasnya. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini