Iklan

Iklan

,

Iklan

 


 


 


Penggerebekan Rokok Ilegal di Demak: Ribuan Batang Rokok Tanpa Cukai Ditemukan di Mranggen

Redaksi
Rabu, 10 Juli 2024, 12:15:00 PM WIB Last Updated 2024-07-10T05:15:46Z


 

Istimewa.

DEMAK | HARIAN7.COM – Operasi gabungan pemberantasan rokok ilegal di Kabupaten Demak berhasil menemukan 5.036 batang rokok ilegal tanpa cukai. Operasi yang dilaksanakan di Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, pada Senin (9/7/2024) ini mengungkap temuan rokok ilegal di sebuah rumah warga yang sudah terkemas rapi dan bermerek.


Rokok yang ditemukan diberi merek seperti Xpress, Sumber Baru (SB), One, Kita Pro, Smith, Surya Galaksi, Origin Talk, Blueberry, dan ZA. Penemuan ini bermula ketika salah satu petugas memesan rokok tanpa cukai resmi melalui media sosial dengan sistem pembayaran di tempat (COD).


"Dari hasil pemesanan COD melalui medsos kami, tim gabungan dari Satpol PP, Polri, TNI, dan perangkat daerah terkait, beserta Bea Cukai Semarang langsung mendatangi alamat yang diberikan. Dan di sini kami menemukan rokok ilegal tanpa cukai, ratusan pak dengan berbagai merek," ungkap Kasi Lidik Satpol PP Kabupaten Semarang, Aryo Soebajoe, di lokasi penggerebekan.


Menurut Aryo, pemilik rumah tersebut juga berperan sebagai pemasok, melayani pemesanan bagi kios-kios lainnya. Dari informasi yang didapat dari penggerebekan pertama, tim kemudian melakukan penelusuran ke Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, dan menemukan 202 bungkus atau 3.916 batang rokok ilegal di sebuah kios yang dicurigai.


Pemilik kios mengaku mendapatkan rokok tersebut secara online dari kabupaten tetangga. Barang bukti sitaan dari operasi ini akan dibawa ke Kantor Bea Cukai Semarang untuk penanganan lebih lanjut.

Iklan