Iklan

Iklan

,

Iklan

 


 


 


Koalisi Serasi: PPP dan PKB Kabupaten Semarang Bersatu Hadapi Pilkada 2024

Admin: Shodiq
Senin, 08 Juli 2024, 4:09:00 PM WIB Last Updated 2024-07-08T09:09:38Z


 Laporan : Bang Harju

Sejumlah pengurus DPC PPP dan DPC PKB Kabupaten Semarang mendeklarasikan "Koalisi Serasi" untuk menhadapi Pilkada 2024, di Banaran Cafe Bawen Kab. Semarang, Minggu(7/7/2024) sore. 


UNGARAN | HARIAN7.COM – Dua partai politik di Kabupaten Semarang, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), bersatu dalam Koalisi Serasi untuk menghadapi Pilkada 2024.


Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Semarang, Badarudin, menyatakan bahwa koalisi ini dinamakan Koalisi Serasi, yang merupakan singkatan dari "Serasi untuk Kabupaten Semarang". 


"Kita menyebut ini adalah Koalisi Serasi, karena tujuannya untuk memajukan Kabupaten Semarang," ujarnya di Banaran Kafe, pada Minggu (7/7/2024) sore.


"Untuk saat ini baru dua partai yang bergabung dalam Koalisi Serasi, namun kami masih menunggu partai lain yang akan bergabung," tambah Badarudin.


Ketua DPC PPP Kabupaten Semarang, Nurul Huda, menjelaskan bahwa pembentukan koalisi ini merupakan tuntutan konstitusi karena untuk mengusung pasangan calon dalam Pilkada 2024, minimal membutuhkan 10 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Semarang.


 "Dengan PPP dan PKB ini kan sudah ada 11 kursi atau 22 persen, jadi sudah mencukupi," ujarnya.


"Dengan terpenuhinya syarat tersebut, kita sekarang fokus membangun komunikasi dan sosialisasi, termasuk konsolidasi untuk percepatan kerja politik," lanjut Nurul. PPP sendiri memiliki enam kursi dan PKB lima kursi di DPRD Kabupaten Semarang.


Nurul menambahkan, untuk kandidat yang akan diusung oleh Koalisi Serasi, masing-masing partai sudah memiliki bakal calon. "Tentu sebagai partai, PPP sudah ada calon, PKB sudah memiliki, tapi untuk kepastiannya akan dilakukan diskusi lebih intens lagi untuk mengusung pasangan calon," ungkapnya.


Dia menegaskan bahwa Koalisi Serasi akan berlanjut hingga ke tahapan Pilkada 2024. "Kalau kita akan bergabung dengan partai lain atau koalisi yang sudah ada, tidak perlu ada Koalisi Serasi. Jadi kami tegaskan, akan tetap maju dengan mengusung pasangan calon sendiri," kata Nurul.


Dengan terbentuknya Koalisi Serasi, PPP dan PKB berharap dapat menciptakan perubahan signifikan dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kabupaten Semarang.

Iklan