Iklan

Iklan

,

Iklan

 


 


 


Polresta Magelang Lakukan Pengamanan Rakernis Baharkam Polri Tahun 2023 di TWCB

Biro Kedu: Ady Prasetyo
Rabu, 13 September 2023, 6:41:00 PM WIB Last Updated 2023-09-13T17:06:07Z


Baharkam Polri gelar Rakernis
Tahun 2023 di Taman Wisata Candi Borobudur.

MAGELANG | HARIAN7.COM - Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Tahun 2023 digelar di Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (13/09/2023). Rakernis ini dihadiri oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si., bersama Pejabat Utama Polri.


Acara dihadiri pula oleh pejabat Direktur dari Polda seluruh Indonesia, yaitu Direktur Binmas, Direktur Pam Obvit, Direktur Samapta, dan Direktur Polairud seluruh Indonesia.


Gelaran Rakernis Baharkam Polri Tahun 2023 di TWCB tersebut mendapat pengamanan dari Polresta Magelang. Kegiatan pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolresta Magelang KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H. bersama Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H. Serta para pejabat utama Polresta Magelang.


Rakernis diawali dengan doa, dilanjutkan presentasi dari General Manager PT Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Unit Borobudur Jamaludin Mawardi. Dilanjutkan presentasi dari Dirpamobvit Polda Jawa Tengah Kombes Pol Prihartono Eling Lelakon.


Dalam sambutannya, Kabaharkam Polri Komjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si menyampaikan, Indonesia merupakan negara dengan peringkat 32 dari 117 negara yang memiliki potensi wisata dan memiliki kompetitifness. Kompetisi ini berdasarkan survei dari World Economic Forum (WEF).


“Karena wisata merupakan salah satu sumber dan memiliki ekosistem ekonomi yang luar biasa. Terbukti, peningkatan pendapatan devisa negara dari sektor pariwisata mencapai 4,26 miliar dolar. Di mana pada tahun 2022 telah melonjak menjadi 60 triliun. Maksudnya nilai tersebut telah melonjak hingga 769,39%,” ujar Komjen Fadil.

Maka dari itu Kabaharkam menandaskan, destinasi wisata yang biasa sampai super prioritas itu harus dijaga dan diamankan. Pengamanan itu berdasarkan Keppres Nomor 63 Tahun 2004 tentang pengamanan objek vital nasional.


“Juga Perkap Nomor 7 Tahun 2019 tentang perubahan kedua Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 tentang pemberian pengamanan pada objek vital nasional dan objek tertentu kawasan wisata. Sehingga pengamanan itu merupakan salah satu tugas dari kita sebagai aparat kepolisian,” tandasnya.


Usai acara, Kabaharkam Polri beserta seluruh peserta rakernis berkenan naik ke Candi Borobudur dengan mengenakan sandal “Upanat”, yaitu sandal yang dirancang khusus untuk wisatawan yang naik ke candi terbesar di dunia itu.


Sebelum naik, di hadapan para awak media Komjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran menambahkan tujuan Rakernis Baharkam Polri Tahun 2023, adalah ingin memperkuat Tourism Police yang berada di destinasi wisata, salah satunya di Candi Borobudur. Di TWCB dirinya menyerahkan mobil Command Center, dengan kelengkapan-kelengkapan untuk memperkuat pengamanan objek wisata kawasan Candi Borobudur.


“Kemudian CCTV portable sebanyak 10 titik untuk meng-cover yang belum ada, kemudian bantuan Segway untuk patroli, dan sepeda elektrik untuk kegiatan patrol,” sebutnya.


Kabaharkam menandaskan bahwa dalam kegiatan pariwisata, Polri ingin memberikan kontribusi terhadap rasa aman. Sehingga kunjungan wisata baik domestik maupun internasional terus bisa terjaga sebagai sumber devisa. (*)

Iklan