Iklan

Iklan

,

Iklan

 


 


 


Cara Warga Pakisan Wonokerso Memuliakan Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW, Bersholawat Sampai Makan Bersama

Biro Kedu: Ady Prasetyo
Selasa, 19 September 2023, 11:37:00 AM WIB Last Updated 2023-09-19T04:37:40Z


 Penulis : Ratmaningsih

Kontributor | Temanggung

Peringatan maulid nabi yang dilakukan oleh warga masyarakat Dusun Pakisan, Desa Wonokerso, Pringsurat.

TEMANGGUNG | HARIAN7.COM - Memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW, semua muslim menyambutnya dengan penuh semangat dan suka cita. Hal ini bisa dilihat setelah sholat Maghrib di setiap masjid melakukan kegiatan sholawat dziba'. Demikian pula ketika Harian7.com menyambangi warga yang sedang bersama- sama melaksanakan kegiatan serupa di masjid Pakisan, Desa Wonokerso, Pringsurat, Temanggung, Senin (18/9/2023).


Uniknya, semua warga berkumpul di masjid dengan membawa makanan sendiri dan setelah acara selesai barulah makan bersama. Acara di mulai dengan berdoa bersama, dilanjutkan dengan sholawat dziba' mengagungkan nama Nabi, baru di akhiri menikmati makanan yang dibawa masing-masing warga yang datang.


Terlihat warga membawa makanan untuk dimakan bersama, ada berbagai jenis makanan yang terhidang. Setelah selesai makan bersama, ibu - ibu melanjutkan kegiatan dengan berlatih untuk kegiatan Fatayat yang akan di laksanakan di desa tersebut.


"Sudah menjadi tradisi setiap harinya ada yang membawa semacam makanan dan minum untuk jamaah sebagai hidangan setelah acara tak lain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta dengan nikmat rejeki yang sudah diberikannya," ujar Ahmad Qosim Abdilah, salah satu tokoh agama.

Acara seperti ini sangat dinantikan warga, selain memperingati maulid nabi Muhammad SAW, juga merupakan ajang untuk warga bisa berkumpul bersama,imbuhnya.


Qosim menjelaskan bahwa dziba selama ini dipimpin oleh salah satu tokoh agama, Ahmad Nasikin. Beberapa hari ini diikuti sebanyak kurang lebih tujuh puluh warga dari semua usia. Selain memuliakan bulan ini, masjid jadi lebih banyak digunakan untuk ibadah dan kegiatan bermanfaat. Acara seperti ini akan berlangsung selama dua belas hari, semua warga mengikuti dengan penuh kegembiraan.


Harapannya yang pertama bisa memupuk ukuwah Islamiyyah kedua dengan bersholawat kita harapkan syafaat Baginda nabi Muhammad SAW.


"Saya ingin mengajak jamaah agar selalu melantukan sholawat dan bisa mengamalkan suritauladan baginda nabi," pungkasnya.

Iklan