Iklan

Iklan

,

Iklan

 


PSIS Tidak Gunakan Stadion Citarum Lagi, Ini Penjelasan Pemkot Semarang

Redaksi
Sabtu, 03 Juni 2023, 19:24 WIB Last Updated 2023-06-03T13:09:00Z
Pemkot Semarang saat jumpa pers terkait PSIS Semarang tidak perpanjang kontrak Stadion Citarum. (Foto : Andi Saputra/harian7.com). 


SEMARANG | HARIAN7.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengklarifikasi tentang ramainya di media sosial (medsos) terkait PSIS Semarang tidak lagi memperpanjang kontrak memakai Stadion Citarum yang telah berakhir pada April 2023.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Semarang, Fravarta Sadman mengatakan, Stadion Citarum merupakan aset milik pemerintah kota Semarang.


"Pihaknya tidak pernah melarang klub sepakbola profesional PSIS Semarang untuk menggunakan stadion Citarum," ujarnya, saat konfrensi pers, di Kantor Balaikota Semarang, Sabtu (3/6). 


Menurutnya, Pemkot Semarang memberikan klarifikasi bahwa Stadion Citarum telah berpindah tangan pengelolaan oleh PT Saudara Meroket BersamaBersama. Karena sebelumnya PT Mahesa Jenar sudah tidak melanjutkan kerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang.


Fravarta menuturkan, Bahwa pengelolaan aset milik pemerintah Kota Semarang yakni Stadion Citarum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Sebelumnya PT Mahesa Jenar memegang hak pengelolaan selama tiga tahun, namun prosesnya perpanjangan kontrak setiap tahun.


"Jadi PT Mahesa Jenar sudah melakukan kerjasama kontrak pengelolaan Stadion Citarum selama tiga tahun. Dan setiap tahunnya perpanjangan," terangnya. 


Kerjasama PT Mahesa Jenar, lanjutnya, telah berakhir pada 22 April 2023 kemudian Pemkot Semarang telah memberikan kesempatan untuk melakukan kontrak terbaru.


Fravarta menambahkan, Managemen PSIS Semarang selama empat bulan telah di beri kesempatan dan satu bulan toleransi, Namun pihak PT Mahesa Jenar tidak merespon dan melanjutkan pengelolaan Stadion Citarum Semarang


"Kini Pemkot bekerjasama dengan PT Saudara Meroket Bersama, dengan nilai kontrak Rp 1,1 miliar dengan jangka satu tahun," ujarnya. 


Sementara itu, Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin menuturkan, bahwa banyak kabar masyarakat yang keliru untuk memahami hal tersebut. Banyak mengira Pemkot Semarang justru memutus kontrak dengan PT Mahesa Jenar dan melarang PSIS menggunakan Stadion Citarum.


Menurutnya, Dinas Pemuda dan Olahraga sudah melakukan sesuai aturan undang-undang yang berlaku. Dengan peraturan Kemendagri tentang pengelolaan aset daerah. PSIS merupakan klub yang profesional dan tentu pengelolaan Stadion Citarum juga profesional sesuai aturan.


"PSIS klub kebanggaan Kota Semarang, Pemkot selalu mendukung sepakbola di Kota Semarang. Kami tidak melarang untuk menggunakan Stadion Citarum bagi PSIS Semarang berlatih. Bahkan PSIS Store pun masih bisa menggunakan tempat di Stadion Citarum Semarang," pungkasnya. (Andi Saputra)

Iklan