Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

 


Iklan

 


Indeks Berita

Saluran Irigasi Waduk Sempor Dihentikan, Warga Tumpah Ruah Berburu Ikan, Lumayan Dapat Selawuhan

Sabtu, 02 Juli 2022 | 9:08:00 AM WIB Last Updated 2022-07-02T02:08:06Z
Istimewa

Laporan: Iwan Setiawan


KEBUMEN, harian7.com - Masarakat Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen tumpah ruah mencebur  ke sungai aliran waduk Sempor dalam rangka Asatan atau pengeringan, Jum'at (01/07/2022) kemarin.



Asatan atau pengeringan merupakan penghentian sementara saluran irigasi yang melintasi sejumlah desa di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk berburu ikan.




Saluran irigasi primer dari waduk sempor dihentikan untuk sementara waktu, yang mengakibatkan debit air kecil. Hal ini memudahkan untuk menangkap ikan baik dengan jaring besar, seser atau jaring yang memanjang bahkan hanya menggunakan tangan kosong.




Ratusan masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa bergelut dengan air dan lumpur untuk mendapatkan ikan yang berada di aliran sungai waduk Sempor.




"Kegitan Asatan ini dilakukan setiap tahun sekali mengjelang tanam ketiga atau orang jawa menjelang menanam palawija," Waiman pejaga pintu waduk sempor.



Di aliran irigasi waduk sempor terdapat berbagai macam ikan seperti lele, mujair, lauhan, keting dan bayong dan ikan kecil lainya.


"Dapat sak lawuhan mas, lumayan untuk lauk makan keluarga nanti malam," tutur beberapa warga.












×
Berita Terbaru Update