Iklan

Iklan

,

Iklan

Dewarini: "Jemaah Haji Gelombang Kedua Diimbau Pakai Ihram Sejak di Embarkasi"

Redaksi
Kamis, 23 Juni 2022, 12:20 WIB Last Updated 2022-06-23T05:20:11Z


MAKKAH,harian7.com - Jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang kedua seluruhnya mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Dari Jeddah, jemaah segera diberangkatkan ke Makkah untuk melaksanakan umrah wajib. Karenanya, mereka diimbau untuk mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi pemberangkatan di Tanah Air. 


Imbauan ini disampaikan Kepala Sie Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU Daker Bandara Wahyu Dewarini. Tujuannya, untuk mempercepat proses karena waktu di Bandara Jeddah cukup terbatas. Sehingga, setibanya di Bandara Jeddah, jemaah tinggal melaksankaan salat Sunah umrah. Untuk niat dan miqat, bisa memilih antara dari Embarkasi, Yalamlam (di atas pesawat), atau saat tiba di Jeddah.


Menurutnya Rini, panggilan akrabnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah mengirimkan surat ke pihak embarkasi dan Kantor Wilayah Kemenag Provinsi terkait pemakaian ihram sejak berada di embarkasi setempat.


"Kami sudah bersurat ke embarkasi dan Kanwil Kemenag seluruh Indonesia sejak 30 Mei 2022, untuk mengimbau dan mensosialisasikan agar semua jemaah mengenakan pakaian ihram sedari embarkasi," kata Rini, Selasa (21/6/2022), di Bandara Jeddah.


Selain itu, Rini juga meminta semua jemaah tidak mengenakan atribut Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), melainkan atribut nasional, yakni pakaian batik, "Kami juga mengimbau pihak KBIH agar jemaah tidak mengenakan atribut KBIH, melainkan atribut nasional, yakni batik," ujar Rini.


Lebih lanjut, Rini mengatakan di sinilah fungsi Layanan Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU untuk mengedukasi dan memberikan panduan.


"Apakah sudah niat atau belum, lalu salat sunnahnya dan pakaian ihram untuk laki-laki, memang kelihatan masih datang dengan baju tapi setelah di plaza mereka semua berganti pakaian dan berangkat menuju Makkah," kata Rini.


Hal senada disampaikan Petugas Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU Daker Bandara, Zulkarnain Nasution. Dia melihat masih ada beberapa jemaah yang belum mengenakan kain ihram saat tiba di Bandara Jeddah. Di sinilah fungsi Layanan Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU untuk memberikan edukasi dan memandu para jemaah. Mereka mengecek ihram jemaah dan mengajak mereka untuk meluruskan niat.(Yuan/HK/Khoeron)

Iklan