Iklan

Iklan

,

Iklan

Petani Tembakau Temanggung Kesulitan Pupuk Za, Bupati Surati PT PIHC

Admin : Ady Prasetyo
Selasa, 24 Mei 2022, 10:37 WIB Last Updated 2022-05-24T04:39:33Z
Bupati Temanggung HM Al Khadziq ketika melakukan rapat kordinasi dengan PIHC.


Laporan: Ady Prasetyo


TEMANGGUNG, harian7.com – Bupati Temanggung, HM Al Khadziq meminta percepatan distribusi pupuk, khususnya Za, untuk wilayah tersebut. Sebab, keberadaannya sangat dibutuhkan petani untuk pemupukan tanaman tembakau.


Ia mengatakan, pihaknya telah berkirim surat kepada PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) untuk percepatan distribusi pupuk.


“Harapan dalam satu minggu ini pupuk untuk Kabupaten Temanggung sudah terpenuhi, untuk pemupukan tanaman tembakau,” kata bupati ditemui usai rakor pupuk, Senin (23/5/2022).


Khadziq mengatakan, petani kesulitan mendapatkan pupuk Za dalam beberapa waktu terakhir. Informasi yang diterima, karena keterlambatan transportasi pada libur Lebaran.


Mengingat saat ini libur Lebaran telah usai, bupati meminta ada percepatan distribusi dan alokasi pupuk Za untuk Temanggung. Apalagi, di masa tanam ini petani, terutama di wilayah lereng gunung atau tegalan, membutuhkan pupuk, untuk menjaga kualitas tembakau.


“Satu minggu atau dua minggu ini paling lama, tembakau harus dipupuk Za, jika tidak maka akan menurunkan produktivitas tembakau di tahun ini. Ini berkaitan dengan tingkat kesejahteraan petani,” terangnya.


Disampaikan, ada pergeseran tanam tembakau pada musim tahun ini, maka pemupukan juga bergeser dari April menjadi Mei. Namun, PIHC masih berpatokan pada jadwal alokasi, yang membuat petani kesulitan mendapatkan Za.


“Dalam rapat disepakati ada percepatan alokasi. PIHC berkomitmen memenuhi kebutuhan pupuk petani, sesuai yang dibutuhkan,” imbuhnya.


Perwakilan PIHC untuk Temanggung Firmansyah mengatakan, PIHC tetap berkomitmen mencukupi kebutuhan pupuk di Temanggung, terutama Za. Adanya tambahan permintaan Za pada Mei sebanyak 400 ton, sehingga nanti ada surplus.


“Kami sudah kirim sekitar 1.164,9 ton, kurang 197 ton, dan nanti akan dicukupi 400 ton, sehingga Mei ini surplus pupuk Za,” jelasnya.


Dikatakan, PIHC akan mempercepat distribusi pupuk Za sesuai permintaan Pemkab Temanggung. Apalagi kini sudah tidak ada kendala lagi dalam transportasi setelah libur Lebaran. (*)

Iklan